Bupati Eka Putra Hadiri Pelantikan Guru Tahfizh Profesional

oleh -50 Dilihat

Tanah Datar, Dutametro – Merealisasikan percepatan Program Unggulan (Progul) Pemerintah Daerah Tanah Datar yakni Satu Rumah Satu Hafiz, harus diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan yang membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas salah satunya melalui Program Pendidikan Guru (PPG) Tahfizh Profesional.

Hal ini diungkapkan Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM sambutannya di acara Pelantikan Guru Tahfizh Profesional PPG Tahfizh angkatan III dan Pembukaan Kegiatan PPG Tahfizh angkatan IV, di Auditorium IAIN Batusangkar, Rabu (9/3/2022).

“Terselenggaranya Program PPG Tahfizh mendukung visi Kabupaten Tanah Datar yaitu terwujudnya kabupaten madani yang berlandaskan ABS, SBK. Pemerintah Daerah akan terus berupaya mewujudkan visi tersebut melalui peningkatan pemahaman dan pengamalan Agama, guna meningkatkan kualitas SDM,” ujar Bupati Eka.

Dikatakan Eka, program PPG Tahfizh telah terlaksana selama empat tahun dan di kesempatan itu ia menyerahkan sertifikat kepada PPG angkatan ketiga.

“Dengan program ini telah melahirkan guru Tahfizh yang memiliki standar dan bersertifikat dalam mengajarkan tahfizh di berbagai rumah dan pondok tahfizh,” katanya.

Diungkapkan Bupati, tahun 2022 diharapkan tetap terjadi peningkatan jumlah Rumah dan Pondok Tahfizh yang nantinya sejalan dengan jumlah penghafal Al Qur’an.

“Tahun 2021 terdata 256 Rumah Tahfizh, dan diawal tahun 2022 meningkat menjadi 262 ditambah 14 rumah Tahfizh binaan. Tentu kita harap terus bertambah guna mendukung program 1 Rumah 1 Hafiz/Hafizah,” sampainya.

Bupati Eka Putra di kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu pelaksanaan Program PPG Tahfizh.

“Terima kasih atas kerjasama IAIN Batusangkar dan Yayasan Hj. Syarifah Gani Muhammad Zein dalam melahirkan guru tahfizh yang berkompeten, kualitas dan profesional. Tentu kerjasama ini diharapkan ke depan tetap dilanjutkan,” tukas Eka.

Sementara itu, Syaiful Zein berharap program PPG Tahfizh terus dilaksanakan di setiap tahunnya,

“Yayasan sangat mendukung program PPG Tahfizh ini, kita berharap kedepannya program ini dapat terlaksana di setiap tahunnya,” ujar Syaiful Zein.

Sekretaris Dinas Sosial PPPA Tanah Datar Afrizon dalam laporannya menyebutkan peserta Pelantikan Guru Tahfizh Profesional PPG Tahfizh angkatan III berjumlah 28 orang, peserta Kegiatan PPG Tahfizh angkatan IV berjumlah 30 dengan masa pendidikan 60 hari. “Kita berharap setiap peserta dapat serius menjalani PPG Tahfizh,” ujar Afrizon.

(prokopim/mnh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.