Jumat, Maret 29, 2024

Hadiri Hari Jadi FK- BPD Kecamatan Maliku, Ketua DPRD Harapkan BPD semakin Kompak

Must read

Hari jadi yang kedua Tahun, Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa atau disingkat FK.BPD sekecamatan Maliku Selasa,07/06/2022 diadakan di gedung Olahraga Desa Kanamit Barat kecamatan Maliku Kabubaten Pulang Pisau berlangsung meriah.

Hut FKBPD kali ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kab Pulpis,Sekretaris DPMD,Camat Maliku,Kapolsek,Damang Maliku, perwakilan Apdesi/kepala desa,dan seluruh anggota BPD sekecamatan Maliku,dan beberapa anggota BPD dari Kecamatan Kahayan hilir,sebangau Kuala,Pandih batu dan Kahayan Kuala.

Ketua FKBPD kecamatan Maliku Ir.Alan dalam sambutannya mengatakan bahwa FK.BPD adalah sebagai wadah pembinaan pengembangan,dan koordinasi terhadap tugas dan fungsi anggota BPD khususnya untuk kecamatan Maliku,FK BPD ini bukan sebagai tandingan dari APDESI atau Asosiasi Perangkat Desa yang sebelumnya sudah dibentuk,FKBPD juga bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar anggota BPD se Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam kesempatan lain,Ketua DPRD Kab.Pulang Pisau H.Ahmad Rifa’i S.kom dalam sambutannya mengungkapkan BPD itu secara fungsi dan tugas pokoknya sama dengan anggota dewan yaitu sama-sama sebagai wakil Masyarakat yang punya amanat menyampaikan aspirasi ke Pemerintahan,cuma berbeda secara kuantitas wilayah saja,kalau anggota dewan itu mencakup seluruh wilayah kabupaten sedangkan anggota BPD itu wilayah desa saja dan sama-sama dipilih oleh masyarakat.

Oleh sebab itu kata Rifa’i anggota BPD itu wajib mengetahui dan belajar fungsi dan tugas pokoknya,salah satunya yang paling penting adalah fungsi legislasi didesa,anggota BPD harus bisa menempatkan posisi dimana dia berada,kalau Pemerintahan Desa itu tangan kanan,BPD adalah tangan kirinya,sehingga fungsi itu harus beriringan tidak saling cubit satu sama lain,nah dimana belajarnya? di FKBPD inilah salah satunya yang menjadi wadah pembelajaran itu.

“Acara hari sangat luar biasa,karena dihadiri oleh anggota BPD dari beberapa Kecamatan,dan kedepan harapannya FKBPD bisa dibentuk di kecamatan-kecamatan lain setelah Kecamatan Maliku,Pandih batu dan Sebangau Kuala”Harap rifa’i ketika di wawancara.( RD/ IB)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article