Kamis, Maret 28, 2024

Diduga Dana BOS TA 2021 SMK N 1 Bawalato Tidak Sesuai Juknis

Must read

Kepala Seksi SMK Cabang Gunungsitoli Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Amran Zendrato, kunjungi SMK Negeri 1 Bawolato Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara, dan disambut oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bawolato Adriadi, S.Pd, M.Pd, Pengurus Komite SMK Negeri 1 Bawolato, Bapak / Ibu Guru SMK Negeri 1 Bawolato, Tokoh Masyarakat, dan beberapa Orang tua murid, Pers, Jum’at, 11/2/2022.

Dalam Pertemuan tersebut, Amran Zendrato, Kasi Cabdis Gunungsitoli pendidikan Provinsi Sumatera Utara, yang mewakili Kacabdis, Langsung memimpin pertemuan rapat di SMK Negeri 1 Bawolato

Amran Zendrato, menyampaikan rasa terima kasih atas kedatangan Bapak Kepengurusan Komite dan Orang tua murid, juga Tokoh Masyarakat, dimana pada hari Senin 07/02/2022 kami sudah monitoring di SMK Negeri 1 Bawolato, terkait aspirasi secara lisan yang disampaikan pengurus komite dan juga Bapak/Ibu Guru, ada 10 poin yang telah kami catat, dan melalui pertemuan ini langsung saya tanyakan kepada Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bawolato,

Selanjutnya Amran Zendrato menjelaskan tentang ketidak aktif kepala SMK Negeri 1 Bawolato, Adriadi, S.Pd, M.Pd, bahwa telah diberikan Pembinaan.”ucapnya.

Kemudian pada Rapat tersebut Kasek SMK Negeri 1 Bawolato, Adriadi S.Pd, M.Pd, membenarkan ketidak aktifnya di sekolah karena mengurus keluarga yang sedang sakit di Medan.

Ketika di tanyakan oleh Kepala Seksi, tentang dana Bos TA 2021 maka jawaban Kasek SMK Negeri 1 Bawolato, bahwa secara teknis administrasi sepenuhnya saya serahkan kepada Bendahara Dana Bos An. Leonard Samosir, S.Pd, tutur Kasek.

Hasil Notulen Rapat di SMK Negeri 1 Bawolato yang di bacakan oleh Agnes Telaumbanua dari Cabang Dinas Gunungsitoli Pendidikan Provinsi Sumatera Utara sebagai berikut :

1. Benar bahwa kepala sekolah kurang aktif karena keluarga yang di Medan sedang sakit,
2. Pembagian tugas benar belum di susun masih dalam proses dan dipastikan hari ini dilaksanakan pembagian tugas,
3. Proses penggunaan dana Bos 2021 diduga tidak sesuai dengan juknis, dan di audit oleh inspektorat,
4. Pihak Pemerintah propinsi Sumatera Utara, memberhentikan dan menarik Adriadi sebagai kepala sekolah maka saudara Adriadi, S.Pd, M,Pd, siap menerimanya.

Ditempat yang terpisah ketika Awak media meminta tanggapan Yuniyus Lafau S.Pd, sebagai PKS Sarana prasarana SMK Negeri 1 Bawolato, dalam Keterangan Persnya membenarkan bahwa Barang yang diserahkan sama saya sebagai Pks Sarana prasarana TA 2021 yaitu :
– Bola volli mikasa MVA 330 dua buah,
– Bola Futsal moltoen vantagio 2600 satu buah,
– Net jaring voli mikasa Made in Jepang satu buah,
– Pintil bola dan jaring net bola, tiga buah,
– Kipas angin dingin merek Cosmas 16 Unit,
– WCFR 2 buah,
– Kipas langit merk kyzuku HY – 1088 950mm 5 buah, dan ini dapat saya pertanggungjawabkan sesuai dengan bukti.” ungkap Yuniyus Lafau.

Ketika Awak media meminta tanggapan Ketua Komite SMK Negeri 1 Bawolato, Markus Roni Ndruru dalam keterangan persnya mengatakan.

” kepemimpinan Kasek SMK Negeri 1 Bawolato, yang sering Bolos, tidak aktif beberapa Minggu atau bulan pada tahun 2021, dan juga pada awal bulan Januari 2022, kemudian baru hadir di Sekolah SMK Negeri 1 Bawolato pada hari ini bersama Kepala Seksi SMA/SMK Cabdis Gunungsotoli pendidikan provinsi Sumatera Utara, akibatnya anak- sekolah sering bolos dan tidak belajar, sementara terkait dengan pelaksanaan Dana Bos, sampai saat ini Perubahan RKAS Dana Bos Tahun 2021 oleh Kepala Sekolah Adriadi, S.Pd., M.Pd, sama sekali belum diadakan rapat sebagaimana Juknis yang ada sehingga beberapa item kegiatan yang tertuang dalam perubahan RKAS tersebut tidak kami ketahui, dengan keadaan demikian diduga ada penyelewengan dalam pelaksanaannya dana BOS.” ujar ketua komite.

Terakhir Ketua OSIS, menyampaikan Sikap yang di bacakan dipekarangan Sekolah SMK Negeri 1 Bawolato, bahwa kami siswa/i tidak menerima kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 1 Bawolato, Adriadi S.Pd, M.Pd, karena Sering tidak aktif di sekolah dan kami harapkan untuk diganti, beberapa poin yang di sampaikan setelah selesai di bacakan seterusnya diserahkan kepada Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Gunungsitoli Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.(H/W)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article