Jumat, Maret 29, 2024

Bupati Benny Utama, Lantik Hendra Gunawan Jadi Wali Nagari Durian Tinggi

Must read

Pasaman, Dutametro – Bupati Pasaman, H. Benny Utama resmi melantik ‘Dotor’ Hendra Gunawan jadi Wali Nagari Durian Tinggi, Selasa (10/5), di Kantor Wali Nagari yang berlokasi di belakang Pasar Lama Lubuk Sikaping.

Pelantikan Wali Nagari Pengganti Antar Waktu periode 2020 – 2026 dihadiri lengkap Ketua Kerapatan Adat Nagari, ninik mamak pemangku adat Durian Tinggi, Badan musyawarah Nagari, segenap tokoh masyarakat, anggota DPRD Eka Hariani Sandra, Bundo Kanduang serta kalangan tokoh pemuda dan kepala jorong se-Kenangarian Durian Tinggi.

“Pelantikan Hendra Dotor jadi Wali Nagari memiliki legitimasi yang kuat, karena dihadiri lengkap seluruh ninik mamak dan tokoh masyarakat Durian Tinggi. Tolong jaga kondisi yang sudah bagus ini” ingat Bupati Benny Utama.

Kondisi tersebut menurut bupati, adalah potensi bagi Hendra Gunawan dalam menjalankan tugas dan mengelola pemerintahanya.

“Rangkul seluruh ninik mamak dan komponen masyarakat, jaga hubungan baik dan bangun komunikasi dengan semua pihak. Bila ada yang sempat ‘terserak’ selama ini, segera kumpulkan kembali, dan lepaskan ego kepentingan kelompok,” lanjut bupati mengingatkan.

Banyak hal dipesankan Bupati Benny Utama, termasuk soal maraknya wali nagari yang tersandung masalah hukum beberapa tahun terakhir.

Bupati wanti-wanti berpesan, agar wali nagari segera mendalami aturan-aturan mengenai pemerintahan, keuangan dan aturan pelaksanaan lainnya.

“Jika tidak hati-hati dalam mengelola pemerintahan, apalagi masalah keuangan, akan beresiko hukum di kemudian hari,” ingat Bupari Benny, yang juga mantan Kasi Intel Kejaksaan itu.

Selanjutnya Bupati Benny Utama menyampaikan, agar Hendra Gunawan cepat menguasai tugas pokoknya selaku wali nagari, meliputi bidang pemerintahan, kemasyarakatan dan juga pembangunan.

“Jangan pernah setengah hati dalam melaksanakan tugas, apalagi menjadi seorang wali nagari. Karena tugas seorang wali tidak terbatas waktu dan terikat jam kerja. Seorang wali nagari bisa saja bekerja 24 jam sehari guna mengurus persoalan-persoalan yang ada di masyarakatnya,” kata bupati.

Terakhir Bupati Benny Utama berharap agar Hendra Gunawan yang memiliki masa tugas empat tahun hingga 2026, hendaknya mampu memberikan pengabdian terbaiknya untuk Nagari Durian Tinggi.

Dan kepada masyarakat yang hadir diharapkan untuk menjaga kekompakan sesama anak nagari, serta mau bahu-membahu membangun nagarinya.

“Kemajuan daerah butuh peran serta dan partisipasi seluruh komponen masyarakat. Karena, sebagus apapun program pemimpin, tanpa dukungan dari masyarakat, niscaya kemajuan dan keberhasilan itu akan sulit diraih,” ujar bupati yang ‘Orang Pasar’ itu, karena Benny Utama pernah lama tinggal dan dibesarkan dilingkungan pasar Lubuk Sikaping, di Nagari Durian Tinggi tersebut.

Usai dilantik, Hendra Gunawan dalam sambutan perdananya selaku wali nagari mengucapkan terimakasih pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman dan masyarakat Nagari Durian Tinggi, yang telah memberikan amanah serta kepercayaan kepadanya menjadi wali nagari

“Amanah ini sangatlah berat, untuk itu kami membutuhkan kerja sama semua pihak membangun Nagari Durian Tinggi. Prinsip kami bekerja dengan ikhlas dan mohon dukungannya,” harap Hendra Dotor.

Pelantikan dan pengambilan sumpah wali nagari Durian Tinggi pergantian antar waktu tertuang dengan Surat Keputusan Bupati Pasaman Nomor : 188.45/184 BUP – PAS/2022 tentang pengangkatan wali nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping, pasca meninggalnya Wali Nagari Richa Affandi, tahun 2021 lalu.

Selamat Hendra ‘Dotor’, Semoga Sukses menjalankan Amanah dan Harapan Masyarakat Durian Tinggi. Mc

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article