Kamis, April 25, 2024

Diduga aktivitas tambang emas ilegal, Ratusan Warga Ranah Batahan Demo Kantor Bupati Pasbar

Must read

Diduga aktivitas tambang emas ilegal, ratusan warga Ranah Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, kabupaten Pasaman Barat bersama Himpunan Pemuda Mahasiswa Ranah Batahan (HIPEREMATATU) melakukan aksi damai di kantor Bupati Pasaman Barat, Kamis (11/8/2022) siang.

Koordinator aksi Dedi sofhan dalam orasinya menyampaikan, aktivitas dugaan penambangan emas ilegal (illegal minning) yang dilakukan disekitaran sungai ranah Batahan membuat lingkungan alam semakin tercemar. Akibatnya air menjadi keruh dan merusak ekosistem sungai.

“Sungai kami tercemar Akibat aktivitas tambang ini, belum lagi ancaman bencana alam yang akan menimpa kami di kemudian hari,” ungkap Dedi di orasinya.

Dedi menyebutkan, ada tujuh buah tuntutan yang akan mereka sampaikan kepada Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat. Salah satunya adalah menuntut Bupati Pasaman Barat untuk segera menanggapi dan menghentikan aktivitas tambang.

“Ada tujuh poin tuntutan yang akan kami sampaikan, namun saat ini kita belum bisa menyampaikan karena Bapak Bupati belum dapat kita hubungi,” ucapnya.

Dedi menambahkan, pihaknya akan terus bertahan dan terus melakukan aksi, sampai ada jawaban dari Bupati Pasaman Barat.

“Hari ini, kita akan tunggu jawaban dari Bupati, sebelum ada Jawaban kita tidak akan pulang, kalau tidak kita juga akan melakukan aksi serupa dengan massa yang lebih banyak,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi melalui Asisten perekonomian dan pembangunan Kabupaten Pasaman Barat, Jhon hendri mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan menyambut baik aksi ini. Namun dirinya menyampaikan permohonan maaf Bupat karena sedang berada di luar kota.

“Kami mohon maaf, hari ini Bapak Bupati tidak bisa menemui masyarakat, karena sedang berada di Jakarta, namun semua aspirasi masyarakat akan tetap kami sampaikan kepada Bupati,” ungkapnya.

Hingga berita ini ditayangkan, terlihat massa sedang beristirahat di halaman kantor Bupati. Aksi berjalan damai dan lancar, serta tetap di amankan dan dikawal dengan baik oleh pihak kepolisian. (*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article