Safari Jumat, Wabup Pasaman Sabar AS Kunjungi Masyarakat Soma

oleh -135 Dilihat

Pasaman, Dutametro – Kehadiran wakil Bupati Pasaman Sabar AS ke daerah Jorong Soma Nagari Persiapan Muara Tais Koto Gadang Kecamatan Mapat Tunggul mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat.

Wakil Bupati Pasaman, Sabar.AS usai sholat Jumat di Masjid Mujahiddin Soma mengatakan, Kunjungan kerjanya ke Nagari Persiapan Muara Tais Koto Gadang Kecamatan Mapat Tunggul merupakan kunjungan Safari Jumat. Sabar AS juga menyampaikan, selain itu merupakan suatu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Pasaman terhadap masyarakat Pasaman. Kami datang untuk menginformasikan pembangunan, baik yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, yang tak lain untuk menjadikan Pasaman yang maju dan bermartabat”, tuturnya.

Disamping itu, Sabar AS juga menjelaskan tentang pelaksanaan 10 visi dan misi atau program pemerintah Kabupaten Pasaman.

Terkait dengan program pertama yaitu Pasaman yang berimtaq, dengan lantang ia menjelaskan tentang program pembinaan ke keagamaan diantaranya melaksanakan gerakan meramaikan masjid, peningkatan Tahfiz Quran atau hafal Al’quran, demikian juga dengan peningkatan pondok Al’qur,an.

Demikian juga dengan program Pasaman sehat, dengan adanya pembangunan Polindes disetiap kejorongan tentunya pelayanan kesehatan masyarakat bisa lebih bisa terlayani, ditambah itu juga di dukung dengan biaya pengobatan gratis kepada masyarakat yang biayai oleh Pemerintah Daerah bekerjasama dengan BPJS.

Kemudian, dalam program yang tidak kalah pentingnya adalah Program Pasaman terakses, dengan terus membangun prasarana jalan dan jembatan terutama yang belum bisa dilalui kendaraan mobil dan sepeda motor, sehinnga tidak ada lagi daerah yang yang tidak bisa diilewati kendaraan”, tambahnya.

Sementara, program Pasaman cerdas, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Pasaman telah dapat membebaskan biaya sekolah sampai ke tingkat SLTA baik itu Negeri maupun madrasah mulai tahun 2022 ini, selain itu juga dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan”, tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Sabar As juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang kosong dengan menanam tanaman yang bisa meningkat taraf ekonomi masyarakat setempat. Tidak tertutup kemungkinan di daerah Mapat Tunggul ini berpotensi sebagai sentra Tamanan jagung dan Sawit di Pasaman ini”, ujarnya.

Guna terlaksananya pengolahan lahan tepat guna untuk itu kepada petugas lapangan seperti PPL dan kader kader lainya agar lebih giat mendampingi dan membina masyarakat dalam mengolah pertanian dan perkebunan dan jangan hanya duduk di kantor”, tegasnya.

Dalam pertemuannya dengan Tokoh masyarakat, wali Nagari dan masyarakat setempat, masyarakat berharap infrastruktur seperti jalan penghubung ke daerah tersebut bisa di perbaiki secepatnya, guna meningkatan ekonomi masyarakat, disamping itu mempermudah akses ke lokasi objek wisata.

Terkait adanya harapan masyarakat tentang status nagari tersebut yang masih nagari persiapan sejak tahun 2017, untuk menjadi nagari defenitif. Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, melalui Kabag tata pemerintahan Edo mengatakan, saat ini seluruh nagari persiapan yang ada di Kabupaten Pasaman secara administrasi sudah selesai tinggal lagi menunggu nomor kode desa”, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sabar AS, juga meninjau lokasi objek wisata Air terjun Lubuak Sundol yang terdapat di jorong Soma.

Turut hadir dalam kunjungan kerja Wakil Bupati tersebut, Dinas terkait, Kapolsek Mapat Tunggul Wirmasdi.SH.,l beserta jajaran, Camat Mapat Tunggul Yuliater Ginting, Kasi perencanaan Dinas PUPR Yefri, SE, Kabid Humas Dinas Kominfo Pasaman Yuli Adwar.SH.MH, Kasi PIP Yusuf Rioki, Wali Nagari Persiapan Muara Tais Koto gadang Doni Saputra. (Sc/K)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.