Polres Bondowoso Raih Predikat Sangat Baik Kategori Pelayanan Publik di Lingkup Polri Tahun 2021

oleh -80 Dilihat

Bondowoso, Dutametro – Polres Bondowoso meraih predikat A- atau sangat baik dalam kategori pelayanan publik di lingkup kepolisian negara republik Indonesia (Polri) tahun 2021.
Ada 29 Polres jajaran Polda Jatim yang menerima penghargaan pelayanan publik dari Menpan RB. Salah satunya Polres Bondowoso.

Penghargaan ini disaksikan oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta didampingi pejabat utama (PJU) Polda Jatim,pada Kamis 10/3/22 dalam kegiatan penyampaian evaluasi dan penghargaan pelayanan publik lingkup Polri Tahun 2021 Secara Virtual Melalui Zoom Meeting di Rupatama Polda Jatim.

Kegiatan penyampaian evaluasi dan penghargaan pelayanan publik lingkup Polri Tahun 2021 dilaksanakan di aula Awaloedin Djamin lantai 9 gedung Bareskrim Polri yang dihadiri 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta dipimpin secara virtual oleh Wakil Presiden Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. Ma’ruf Amin dari istana wakil presiden jalan Merdeka selatan jakarta.

Wakil Presiden RI Prof. Dr. Ma’ruf Amin, dalam pesan sambutannya Transformasi Polri terus bergulir salah satunya adalah Presisi dengan harapan dapat terwujud transformasi Polri secara menyeluruh yang menyentuh seluruh aspek kehidupan.

“Tingkatkan terus kompetensi SDM polri termasuk literasi digital, manfaatkan modernitas teknologi untuk membantu penegakan hukum serta evaluasi pelayanan teknologi,” kata Prof. Dr. Ma’ruf Amin, dalam sambutannya, Kamis (10/3/2022) kemarin.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian laporan Hasil Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Lingkup Kepolisian Negara RI dengan rincian hasil nilai evaluasi Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro. Yakni dengan jumlah nilai A sebanyak 27, nilai A- sebanyak 78, nilai B sebanyak 116, nilai B- sebanyak 47, nilai C sebanyak 18, dan nilai C- sebanyak 23.

Sementara Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan, kualitas pelayanan publik di Indonesia akan terus diperbaiki seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat agar pelayanan publik semakin baik dengan meninggalkan budaya-budaya lama yang buruk.

“Meningkatkan pelayanan publik menjadi lebih baik, yaitu melalui pelayanan yang cepat, tidak berbelit-belit, ramah dan responsif. Polri harus terus berbenah karena masih terdapat kesan negatif dari masyarakat sebesar 28,57 persen,” jelas Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri berharap, para stakeholder senantiasa melakukan asistensi dan memberikan masukan terhadap pelayanan publik Polri, sehingga dapat diambil langkah-langkah perbaikan untuk mewujudkan pelayanan publik sebagaimana Transformasi menuju Polri yang Presisi.

Sedangkan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, menyebutkan, lima prioritas kerja 2019-2024 yakni, pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.
“Agar Kapolres/ta/tabes/metro jajaran mengingatkan anggota dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan baik,” ungkapnya.

Usai pelaksanaan kegiatan, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, memberikan ucapan terimakasih kepada Kasatker dan Kasatwil jajaran Polda Jatim yang telah mengelola pelayanan publik dengan baik sehingga terdapat 8 satwil Jajaran Polda Jatim mendapat nilai A dengan predikat pelayanan prima, 10 satwil jajaran Polda Jatim mendapat nilai A- dengan predikat pelayanan sangat baik dan 7 satwil mendapat nilai B dengan predikat pelayanan Baik.

“Untuk Satwil dan Satker yang belum mendapatkan penghargaan, momen ini merupakan triger untuk meningkatkan kinerja dan motivasi agar lebih memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko bangga atas prestasi yang diraih oleh Polres Bondowoso.
“Dengan mendapatkan penghargaan ini, kami Polres Bondowoso akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal,” tegas AKBP Wimboko. ( Sun/Hum )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.