Sejumlah Warga Kecamatan Sogae”adu Alami Sakit Perut, Pusing, Mumen Usai Konsumsi Makanan.

oleh -139 Dilihat

Sejumlah warga Desa Tulumbaho Kecamatan Sogae’adu Kabupaten Nias mengalami penyakit sakit perut, Mual, Pening, dan Muntah seusai menkosumsi makanan dirumah Warga, minggu 12/06/2022

Salah seorang warga bernama Ama Juince Buaya menguraikan bahwa sekitar jam 14.00 wib sebagian warga jemaat gereja AFY Hilinduria Desa Tulumbaho mengikuti Kebaktian Pendalaman Alkitab (PA) dirumah Ama falen alias DB dan setelah kebaktian warga disungguhkan makanan oleh pemilik rumah.
Sekitar satu jam berselang Warga Jemat mengalami sakit perut, Mual, Pusing dan muntah, kemudian setelah mengalami gejala tersebut, saya membawa anak saya ke Puskesmas Hiliweto Gido.” paparnya seraya menjelaskan bahwa dia hanya konsumsi Nasi dan sayur.

Sementara Kepala Puskemas Gido Noveriani Zendrato, AM.K mengatakan warga mengalami gejala semacam keracunan makanan namun Diagnosa Medis belum keluar.

“Kronologisnya berkisar jam 14.00wib warga yang mengikuti PA mengkonsumsi Makanan yang disungguhkan oleh keluarga Ama Falen alias DB, kemudian berkisar jam 16.00 wib beberapa orang mengalami sakit perut, Mual, pusing, dan muntah sehingga dibawa ke Puskesmas Hiliweto untuk penanganan medis.
Saat ini pasien yang sudah dirawat di Puskesmas Hiliweto 10 (sepuluh) orang dan tidak tertutup kemungkinan bertambah karena informasi yang kita dapat dari keluarga pasien, ada sekitar 30 orang yang mengikuti kebaktian PA tersebut.” papar Kapus Gido

Masih lanjut Kapus Gido bahwasanya saat ini kondisi beberapa pasien sebagian sudah mulai membaik.

” saat ini keadaan pasien sudah mulai membaik setelah dilakukan penangan observasif. Langkah – langkah yang kita lakukan yakni dengan melakukan penambahan Bed pasien (Ranjang), tenaga piket jaga dan meminta bantuan Ambulanca kepada beberapa Puskesmas terdekat.” Kata Kapus

Sekcam Gido Augusman Gulo bersama Sabayuti Gulo (Wakil Ketua DPRD Nias) yang berada dipuskesmas Hiliweto Gido

“kita sudah menghimbau Puskesmas terdekat untuk mensiagakan Ambulance agar jaga-jaga apabila kondisi pasien memburuk untuk segera dirujuk di RSUD dr.Thomsen Nias.” papar Sekcam Gido.

Pantauan awak media dutametro.com dilokasi Puskesmas Gido terlihat Sekda Kabupaten Nias, Kapus Idanogawo, Kepala Desa Tulumbaho, Kepala Dusun III Desa Tulumbaho, Personil Polsek Gido sudah berada di Puskesmas Gido, Staf Dinas Kesehatan Nias, kemudian Pasien terus bertambah. (Herman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.