Kamis, Maret 28, 2024

KPK RI Bantu Korban Gempa di Pasbar Rp150 Juta

Must read

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia mengumpulkan donasi dari karyawan KPK bagi masyarakat yang terdampak bencana di seluruh Indonesia.

Karena Kabupaten Pasaman Barat mendapatkan musibah gempa bumi pada 25 Februari lalu, KPK RI juga ikut membantu dan mengumpulkan donasi sebesar Rp150 juta.

Donasi itu diserahkan dalam bentuk Huntara kepada masyarakat di Jorong Timbo Abu Nagari Kajai, Jumat (13/5/2022).

Perwakilan atau koordinator dari KPK RI, Naila Fauzana Nasution langsung ke lapangan yang didampingi oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan stakeholder terkait lainnya termasuk wali nagari dan jorong setempat.

Naila Fauzana Nasution mengatakan bahwa pengumpulan donasi itu sekitar satu bulan lalu. Untuk Pasbar donasi diserahkan mencapai Rp150 juta dalam bentuk Huntara.

“Ini aksi sosial dari pegawai KPK murni yang kami kumpulkan. Karena adanya bencana alam gempa bumi di Kabupaten Pasbar dan Pasaman. Biasanya kami juga melakukan hal yang sama untuk daerah lain yang mendapatkan bencana,” kata Naila Fauzana Nasution.

Ia melanjutkan, donasi yang dikumpulkan itu diharapkan bisa membantu masyarakat yang tertimpa bencana alam gempa bumi di Pasbar. Terutama untuk membantu Huntara bagi masyarakat yang rumahnya rusak dan tidak bisa ditempati.

“Kami merasa sudah tepat ketika donasi kami serahkan ke Pemda untuk dibangunkan Huntara. Dari pantauan kami memang terlihat masyarakat di Timbo Abu Kajai ini banyak rumah nya yang runtuh,” katanya.

Sementara itu, Bupati Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada KPK RI yang telah membantu masyarakat Pasbar yang tertimpa bencana alam gempa bumi.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu masyarakat Pasbar dalam meringankan beban yang dirasakan. Hari ini KPK RI menyerahkan donasinya kepada kita sebesar Rp150 juta. Sebanyak 10 unit Huntara akan kita bangunkan untuk masyarakat dengan satu Huntara biaya Rp 9 juta yang disetujui oleh KPK. Kami hanya menyalurkan apa yang mereka inginkan. Sisa donasi dari mereka terus kami salurkan kepada masyarakat yang terdampak,” kata Hamsuardi.

Ia juga tidak henti-hentinya bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh donatur, relawan hingga pemerintah pusat dan provinsi membantu korban gempa.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah ikut membantu masyarakat Pasbar dalam menangani bencana alam gempa bumi ini,” ujar Hamsuardi. (*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article