Jumat, Maret 29, 2024

Puncak acara peringatan HKN ke-58, Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan bermalam bersama di Tanah Galo

Must read

Puncak acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kabupaten Solok Selatan ditutup dengan kegiatan bermalam bersama masyarakat Jorong Tanah Galo Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, Kecamatan Sangir Batang Hari, Sabtu malam (12/11/2022)

Kegiatan bermalam bersama di Tanah Galo ini diikuti langsung oleh Bupati Solok Selatan H Khairunas, Wakil Bupati H Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda beserta sejumlah anggota DPRD, Sekdakab, Kapolres diwakili Kabag Ops, Kepala OPD dan perwakilan UPT Puskesmas, Rumah Sakit dan Organisasi Profesi Keséhatan.

Untuk menuju lokasi, Bupati yang mengendarai sendiri mobil off road tersebut, menempuh perjalanan darat yang cukup sulit selama lebih kurang 4 jam perjalanan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Solok Selatan H Khairunas mengapresiasi seluruh jajaran yang telah mensukseskan peringatan HKN tahun ini. Yang telah dilaksanakan oleh 8 UPT Puskesmas pada 7 kecamatan.

“Pengabdian masyarakat melalui Puskesmas Sehatkan Nagari ini dapat membantu masyarakat terkait permasalahan kesehatan,” ungkap Khairunas di hadapan masyarakat Tanah Galo yang hadir memenuhi lapangan di puskesmas setempat.

Pemenuhan layanan kesehatan lebih dekat dengan masyarakat, yang menghadirkan dokter spesialis pada setiap kecamatan. Selain itu pada tahun 2022, melalui APBD kabupaten, juga telah dilakukan penambahan 2500 orang peserta BPJS Kesehatan baru.

“Kita berharap agar seluruh masyarakat dapat tercover dengan program BPJS Kesehatan,” tegasnya.

Sekaitan dengan pelaksanaan Camping Ground di Lubuk Ulang Aling (LUA), menurut Khairunas LUA sebenarnya bukanlah daerah tertinggal. Tapi sebenarnya input datanya yang tertinggal, sehingga dianggap tertinggal. Dalam pengamatan kami, Nagari Lubuk Ulang Aling jauh lebih maju sebenarnya dari daerah lain.

Selain itu, upaya mendukung peningkatan akses jalan ke LUA, Bupati menginstruksikan kepada Dinas PUPR agar segera mengoperasionalkan alat-alat berat pada dinas tersebut, untuk memperbaiki jalan ke daerah tersebut.

“Tahun ini kita sudah sediakan 3 unit ekskavator, ditambah tahun depan beberapa unit alat berat beserta peralatan lainnya. Alat tersebut termasuk diprioritaskan untuk membantu perbaikan titik-titik kerusakan di ruas Lubuk Ulang Aling ini,” ungkapnya tegas.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPRD Zigo Rolanda juga mengapresiasi Dinas Kesehatan beserta jajaran atas pelaksanaan rangkaian HKN Tahun 2022.

“Delapan belas tahun berdiri, mungkin baru kali ini even besar yang diadakan pemerintah kabupaten di Lubuk Ulang Aling. Ini bentuk upaya Pemkab untuk hadir dan memberikan perhatian serius ke nagari ini,” kata Zigo.

Menyoal akses jalan provinsi yang ada di Nagari Lubuk Ulang Aling, Zigo mengatakan perencanaannya sudah masuk dalam prioritas pemerintah pusat dan juga pemerintah provinsi. Kita dari Pemkab akan terus mendorong upaya-upaya perbaikan tersebut.

Sementara akses jaminan kesehatan bagi masyarakat Solok Selatan, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD, DPRD berkomitmen untuk terus meningkatkan cakupan BPJS Kesehatan.

Untuk diketahui, Nagari Lubuk Ulang Aling termasuk daerah terpencil di Sumatera Barat. Peningkatan akses jalan dan juga sulitnya sinyal telekomunikasi menjadi tantangan pemerintah untuk mengentaskannya.

Pada kegiatan HKN di Lubuk Ulang Aling didatangkan sebanyak empat orang dokter spesialis bedah, kandungan, anak, dan penyakit dalam.

Data Dinas Kesehatan Solok Selatan menyebutkan sebanyak 1.822 pasien telah dilayani selama peringatan HKN ke-58 di Solok Selatan yang tersebar di 7 kecamatan. Bahkan pelayanan dilakukan dengan mendatangi berbagai UPT, nagari, dan juga rumah-rumah masyarakat. (Met)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article