Kamis, Maret 28, 2024

Layanan Pendaftaran Pasien Melalui Si Pendawa Jadi Program RSUD Lubuksikaping

Must read

Pasaman, Dutametro – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuksikaping membuka layanan pendaftaran pasien melalui Si Pendawa (sistem pendaftaran lewat WA).

Direktur RSUD Lubuksikaping, dr. Yong Marzuhaili mengatakan, layanan melalui via Whatsapp (WA) akan diberlakukan mulai, Senin (17/1/ 2022) nanti.

“Layanan via WA untuk memaksimalkan pelayanan bagi pasien baru (rujukan baru) dan pasien control. Sehingga pasien tidak lagi jenuh menunggu antrian di rumah sakit,” ujar dr. Yong pada Awak Media. di Lubuksikaping, Kamis (13/1).

Antrian yang panjang dan lama adalah salah satu masalah dalam pendaftaran di rumah sakit selama ini. “Hal ini tentunya akan membuat Pasien tidak nyaman, apalagi jika mendapatkan nomor antrian belakang,” jelasnya.

Dengan mendaftar via WA, pasien akan menerima layanan proses antrian pendaftaran lebih awal daripada pendaftar manual yang langsung datang ke RSUD.

Hal tersebut untuk memotivasi masyarakat agar beralih melakukan pendaftaran via WA jika ingin mengakses layanan medis di RSUD.

“Syarat untuk bisa melakukan pendaftaran via WA ini adalah pelayanan bagi pasien baru (rujukan baru), dan pasien kontrol,” imbuh dr. Yong.

Nomor yang digunakan untuk layanan pendaftaran pasien melalui via WA 082252768687.

Alur Pendaftaran
Alur pendaftar online pasien rawat jalan di RSUD Lubuksikaping, pertama ketik DAFTAR, selanjutnya pasien mengisi format dan mengirimkan foto/scan KTP, KK, kartu BPJS, rujukan asli/reaume.

“Usai mengisi format, pasien akan mendapatkan balasan WA dari operator.”

“Setelah mendapatkan balasan, kemudian pasien kembali mendaftar ulang ke poli tujuan dan menyerahkan foto copy KTP, KK, kartu BPJS, rujukan asli/resume. Selanjutnya pasien langsung menunggu di poli tujuan,” bebernya.

Pendaftaran dilakukan sehari sebelum (H-1) sebelum tanggal berobat. Sistem pendaftaran dibuka pada pukul 08.00 – 14.00.

Tetap Buka Pendaftaran Manual
Selain melalui pendaftaran sistem pendaftaran lewat WA, pihak RSUD juga masih melakukan pendaftaran secara manual seperti hari biasanya.

Yong berharap dengan sistem pendaftaran online melalui via Whatsapp (WA), pasien dapat lebih nyaman dan tentunya dapat mencegah timbulnya kerumunan saat mengantri di saat pandemi.

Bupati Pasaman, Benny Utama mengatakan, RSUD Lubuksikaping merupakan unit layanan kesehatan milik pemerintah yang menjadi andalan warga Pasaman maupun wilayah di sekitarnya.

“Jajaran RSUD Lubuksikaping diharapkan terus berupaya meningkatkan profesionalitas dalam bekerja dan berkomitmen penuh melayani masyarakat.”

“Sehingga mutu pelayanan dan keselamatan pasien yang menjadi tujuan utama dapat diwujudkan,” harap bupati. (RIS)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article