Beri Kuliah Umum di UIN IB, Gubernur Ajak Mahasiswa Tingkatkan Keahlian dan Sinergi Bangun Nagari

oleh -78 Dilihat

Padang, Dutametro – Sebagai studi yang memusatkan perhatiannya pada kehidupan manusia yang menekankan unsur kreativitas, kebaharuan, orisinalitas dan keunikan, sebenarnya banyak prospek kerja yang bisa diambil oleh jurusan adab dan humaniora yang melibatkan aspek sastra seni sosial dan budaya ini.

Peran Fakultas Adab dan Budaya juga sangat besar dalam mendorong mewujudkan Sumbar Madani, dengan salah satu visinya adalah Sumbar Berbudaya, Sumbar Cerdas dan Sumbar Religius.

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, saat menyampaikan kuliah umum dihadapan ratusan mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAB) UIN Imam Bonjol dengan tema Peluang dan Tantangan Sarjana Ilmu Humaniora, di Aula Gedung Serba Guna UIN Imam Bonjol, Padang, Selasa (15/3/2022).

Salah satu prodi di FAB yang menurut gubernur sangat dibutuhkan adalah ilmu kepustakaan dan informasi Islam untuk pengembangan perpustakaan di Masjid Raya Sumbar.

“Keberadaan pustaka sangat penting untuk mendukung program unggulan Sumbar Cerdas. Termasuk terkait Sumbar Religius, kehadiran Masjid Raya Sumbar juga membutuhkan dukungan untuk pengembangan pustaka,” ujar gubernur.

Gubernur juga mengajak mahasiswa untuk meningkatkan keahlian dalam bidangnya masing-masing, sebab orang sukses menurut gubernur adalah yang memiliki keahlian. Termasuk membangun sinergitas dengan berbagai pihak, dan memulai berwirausaha.

“Dengan keahlian dan sinergitas, peran mahasiswa juga sangat penting dalam upaya membangun nagari. Mari bangun kampung halaman masing-masing dengan berbagai program yang bisa disinergikan dengan berbagai OPD,” lanjut gubernur.

Kuliah umum yang dibuka oleh Rektor UIN Imam Bonjol Prof Dr, Martin Kustati, M.Pd, ini sengaja digelar dalam rangka memotivasi mahasiswa, meningkatkan sinergitas untuk menjadikan UIN lebih maju.

Terkait rencana migrasi 5 fakultas UIN di Lubuk Lintah ke Kampus III Sungai Bangek, Rektor juga berharap dukungan pada gubernur untuk kelancaran transportasi mahasiswa berupa perbaikan jalan dan trayek angkutan umum.

Turut hadir, Dekan FAH Nelmawarni, Ph.D, Wakil Dekan I, Ahmad Taufik Hidayat, dan mantan Rektor Maidir Harun.

Saat ini di Fakultas Adab dan Humaniora UIN IB, menurut Nelmawarni, terdapat prodi Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah Kebudayaan Islam, Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, serta Prodi Kearsipan.(doa/MMC)

#Dinas Kominfotik Sumbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.