Kamis, Maret 28, 2024

Harga Cabai Mahal, Dinas Pangan Imbau Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Tanam Cabai

Must read

Tanah Datar, Dutametro – Harga cabai merah keriting di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dalam sepekan ini semakin pedas, bahkan terjadi peningkatan harga yang cukup
signifikan.

“Memang saat ini harga cabai merah agak pedas, yang sama kita ketahui diatas harga Rp100 ribu dipasaran,” kata kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Suhermen.

Naiknya harga cabai dipasaran dikarenakan sedikitnya pasokan dari distributor seperti dari Medan dan Pulau Jawa.

Ia mengaku, Pemerintah Daerah telah berupaya menekan harga cabai yang cukup tinggi dengan melakukan kerjasama atau koordinasi dengan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Dinas Provinsi Sumatera Barat.

Dari koordinasi tersebut Pihak Provinsi bersedia memberikan bantuan berupa subsidi harga sebesar Rp5000 sampai Rp10.000 per kilo.

“Kita telah mencoba berupa bantuan subsidi tersebut bertempat di TTIC Tanah Datar di depan kantor Dinas Pangan melibatkan pegawai dan masyarakat tapi juga tidak seberapa yang membeli,” katanya.

Ia mengatakan, pola yang terbaru yang bisa diterapkan masyarakat menyikapi harga pangan yang tinggi adalah dengan memanfaatkan pekarangan rumah dengan program Pengembangan Pekarangan Pangan Lestari
(P2L).

Program tersebut bekerja sama dengan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dasawisma, Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk menggerakkannya.

“Minimal untuk cabai, bawang merah dan sayur mayur tidak lagi masyarakat membeli ke pasar, cukup memanfaatkan pekarangan rumah, itu bisa dalam bentuk polybag yang tidak
memakan tempat,” katanya. Mnh

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article