DEKLARASI KAMPUNG PENGAWASAN PEMILU DI PERKAMPUNGAN ADAT NAGARI SIJUNJUNG

oleh -30 Dilihat
Apresiasi atas suksesnya kegiatan deklarasi kampung pengawas pemilu (Foto nov)“
Muhammad Khadafi, Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Barat mengawali sambutan dengan memberikan apresiasi atas suksesnya kegiatan deklarasi kampung pengawas pemilu tersebut. “Sijunjung tidak hanya berkolaborasi di narasi saja tapi juga berkolaborasi secara praktikum, buktinya sudah 6 titik deklarasi di agenda nasional, baru kali ini partai politik hadir,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, ia menjelaskan alasan kenapa memilih kabupaten Sijunjung terpilih menjadi salah satu yang mensiarkan kebaikan-kebaikan dan kolaborasi pemilu 2024 ke provinsi lain karena memang sejarahnya luar biasa dengan melahirkan tokoh penting dari sebelum kemerdekaan sampai tokoh tokoh nasional yang terakhir Buya Syafii Maarif.

“Ini salah satu alasan Sijunjung dijadikan tonggak sejarah pada pemilu tahun 2024,” ucap Khadafi menjelaskan kenapa memilih kabupaten Sijunjung terpilih menjadi salah satu yang mensiarkan kebaikan-kebaikan dan kolaborasi Pemilu 2024 ke provinsi lain. Karena memang sejarahnya luar biasa dengan melahirkan tokoh penting dari sebelum kemerdekaan sampai tokoh tokoh nasional yang terakhir Buya Syafii Maarif”, sambung Khadafi.

Pemilu 2024 adalah pemilu pertama di 5 benua yang dilaksanakan secara bersamaan pemilu nasional, pemilihan kepala daerah. Pemilu mesti dilakukan secara berkolaborasi yang dituntun oleh aturan dan kabupaten Sijunjung sudah membuktikan itu. Salah satunya, Sijunjung mampu dan sukses melaksanakan pemilihan kepala daerah di tengah pandemi. Diperhelatan nasional 2024, secara konstitusi penggantian kekuasaan mesti dipergilirkan dengan baik di periode per 5 tahun.

Dengan kampung pengawasan, kita ingin mendekatkan seluruh fungsi Bawaslu ke masyarakat. “Kita menginginkan seluruh masyarakat terkhusus kabupaten Sijunjung mau dengan bersama-sama dan kondisi yang sadar melakukan pencegahan terhadap potensi-potensi pelanggaran pemilu yang terjadi,” harapnya.

Katanya, persiapan kegiatan ini luar biasa. Dan yang luar biasa ini bupati yang hadir dalam kegiatan deklarasi kampung pemilu. Khadafi berharap, fungsi pengawasan juga dilakukan secara bersama-sama. Ada juga teman teman media yang tiada henti mensupport dan menyiarkan seluruh proses kebaikan.

“Selama ini kita mengenal kalau pemilu itu identik dengan politik uang, hal hal progresif yang sifatnya cenderung bertentangan dengan aturan. Kita ingin memulai dari nagari Sijunjung, kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung bahwa pancaran kebaikan itu kita mulai, bahwa memang pemilu kali ini menjadi suka cita kita secara bersama-sama, bahwa memang pemilu itu dikelola secara bersama-sama. Dan tentu kita tidak ingin mendengar atau mengalami ada masyarakat Sijunjung yang melanggar di setiap tahapan pemilu,” katanya.

Kemaren, 14 Desember 2022, lanjut Khadafi, KPU telah menetapkan 17 Parpol peserta Pemilu 2024. Setelah ini seluruh parpol ini akan menghiasi seluruh langit-langit, daratan Indonesia, bisa dalam bentuk spanduk, poster dan lainnya.

Maka ini penting sebagai siar mengganti kekuasaan secara konstitusi dan bejalan dengan baik serta terpilih orang orang yang mampu memangku kewenangan yang melahirkan kebijakan yang bisa mensejahterakan seluruh masyarakat.

“Nanti pada 2023 kita akan melaksanakan di banyak kegiatan hampir di setiap nagari di kabupaten Sijunjung. Tentu ini butuh dukungan moril dari semua pihak dalam rangka mengajak semua pihak, baik peserta dan pemilih untuk taat dengan regulasi pemilu,” tutup Muhammad Khadafi sekaligus secara resmi membuka kegiatan deklarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.