Dinas PMD Sumbar Genjot Kinerja Bumnag dengan MOU Unitas

oleh -219 Dilihat

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar dan Universitas Taman Siswa (Unitas) sepakat bekerja sama, dengan tujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Wali Nagari dan perangkatnya, serta menggenjot pertumbuhan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dan pelaksanaan merdeka belajar kampus merdeka di desa/nagari.

Kerjasama itu diteken dalam bentuk Memorandum of Understanding yang dilakukan Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH dengan Rektor Unitas Sepris Yonaldi, SE.MM di Kantor PMD Sumbar Jalan Pramuka, Rabu (16/3/2022).

Hadir menyaksikan penandatanganan MoU ini Kepala Biro Pemerintahan Pemprov diwakili Febriyanto, S.Sos., dari Unitas hadir Ketua LPM Dr. Afrijon, MP., UPT PMB Unitas Dwikornida, Ketua Prodi Agrobisnis Syahrial dan Sekretaris Rektor Unitas Widya Virsefni.

Turut mendampingi Kadis PMD Amasrul dalam acara MOU ini Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.MM., Kabid Pemnag Desrianto Boy, S.Pd.M.Si., Plt Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat Chintia Dewi Putri, S.Ikom. M.Ikom, Plh Sekretaris Adi Pondra, S.Pd., Plt Kabid UEM dan KP Martias Richardo, ST dan pejabat Penggeeak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Dinas PMD Sumbar.

Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH mengapresiasi penandatanganan kerjasama ini, dan sangat berharap realisasinya kedepan, sehingga makin meningkat SDM Wali Nagari dan perangkatnya, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Saya yakin apabila teman-teman dari perguruan tinggi sudah banyak membantu desa dan nagari dengan berbagai program, Insya Allah nagari dan desa akan bangkit. Salah satu contoh nyata adalah bagaimana memacu pertumbuhan Bumnag sebagai penggerak perekonomian di nagari, diharapkan sentuhan SDM dan teknologi dari teman-teman Unitas,” kata Amasrul optimis.

Bidang kerjasama ini, kata Amasrul meliputi tiga bidang, yaitu pendidikan, pengembangan SDM dan pengabdian masyarakat. Ketiganya merupakan tindak lanjut dari kerjasama Pemprov Sumbar dengan Unitas yang telah ditandatangani pada tahun 2020 lalu.

Gayung bersambut, pihak Unitas menyambut baik MOU ini sebagai bentuk pengabdian dan peran perguruan tinggi kepada masyarakat. “Tri Dharma perguruan tinggi sudah jelas yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat, semua ini akan dapat terwujudkan melalui kerjasama dengan Dinas PMD ini. Insya Allah akan kita laksanakan sebaik-baiknya,” kata Rektor Unitas Sepris Yonaldi, SE.,MM.

Tahapan kerjasama ini di bidang pendidikan adalah memberikan beasiswa 30 persen biaya pendidikan bagi Wali Nagari dan perangkatnya di Unitas. Di bidang pengembangan SDM adalah penyuluhan dan pendampingan kegiatan wirausaha kepada Bumdes/Bumnag, mengadakan pelatihan, workshop dan Bimtek kewirausahaan.

Tahapan selanjutnya adalah program mereka belajar kampus merdeka di desa dan nagari, penyelenggaraan KKN Terpadu dan program praktek lapangan atau magang untuk seluruh mahasiswa Unitas.

“Kita akan tempatkan paling tidak lima mahasiswa di setiap Bumnag terpilih di kabupaten/kota yang direkomendasikan oleh Dinas PMD Sumbar. Mereka akan praktek dan membantu Bumnag dalam SDM dan teknologi,” kata Rektor Unitas Sepris Yonaldi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.