Bank Nagari Cabang Simpang Empat, Pasbar Luncurkan Program Marandang || dutametro

oleh

Pasaman Barat,dutametro.com. –Melawan rentenir di masa Pandemi Covid-19 Bank Nagari Cabang Simpang Empat, Pasaman Barat luncurkan program dengan istilah marandang. Program tersebut suatu kabar gembira bagi pedagang kecil di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

“Masa pandemi Covid-19 ini memang perlu terobosan yang harus dilakukan agar bisa membantu usaha mikro kecil dan tetap bisa bertahan bahkan kalau memungkinkan terus berkembang,”kata Pimpinan Bank Nagari Cabang Simpang Empat, Hendri Masri kepada wartawan, Jum’at (13/8/2021).

Ia mengatakan, Dengan adanya program ini masyarakat bisa manfaatkan dengan baik dan jujur. Selain itu, diharapkan masyarakat dengan kesadaran untuk melakukan pembayaran secara rutin. 

“Karena ini murni untuk menolong masyarakat di masa pandemi Covid-19 dari pada masyarakat meminjam kepada rentenir dengan bunga tinggi, lebih baik memanfaatkan program ini,”katanya.

Menurutnya, Rentenir ini kadang-kadang menjadi beban bagi usaha super mikro karena bunganya yang mencekik. Ini yang dicoba diantisipasi Bank Nagari dengan terobosan program Marandang ini. 

“Karena tujuannya melawan keberadaan rentenir, maka harus bisa menciptakan proses pembiayaan cepat dan syarat yang mudah,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, karna itulah sehinga Bank Nagari Cabang Simpang Empat meluncurkan program Marandang yang artinya Melawan Rentenir di Ranah Minang dengan kredit pembiayaan melawan rentenir. 

Program Marandang tersebut memudahkan dan memberikan keleluasaan dan menguntungkan masyarakat ekonomi lemah yang memiliki usaha. Pinjaman paling tinggi Rp10 juta atau pinjaman super mikro. 

“Karena program tersebut tidak perlu agunan. Cukup usaha yang layak. Lama usaha juga bisa kurang dari enam bulan dalam setahun,”katanya.

Diterangkannya, Bank Nagari hanya membebankan bunga enam persen. Bahkan sampai akhir tahun 2021 pemerintah memberikan subsidi bunga tiga persen sehingga masyarakat hanya perlu membayar bunga tiga persen.

“Dengan adanya program Bank Nagari dan bantuan Pemerintah kesejahteraan masyarakat akan bisa tingkatkan di masa pandemi Covid-19 ini,”katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *