Bundo Kanduang Padang Panjang Peringati HUT ke-47

oleh -15 Dilihat

Padang Panjang,dutametro.com. – Bundo Kanduang Kota Padang Panjang peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47, di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (1/12). 

Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano selaku Payuang Panji Bundo Kanduang mengucapkan selamat kepada semua Bundo Kanduang Padang Panjang yang sudah menjalankan perannya dalam tatanan kehidupan masyarakat. 

“Kita sangat mengharapkan peranan Bundo Kanduang untuk generasi milenial zaman sekarang ini. Jangan sampai generasi kita ini terjerumus ke hal-hal yang tidak baik. Maka dari itu mari keluarkan peranan Bundo Kanduang untuk generasi yang lebih baik lagi ke depannya,” tutur Wako Fadly. 

Dalam kesempatan itu, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP selaku Penasehat Bundo Kanduang menyebutkan, dengan bertambahnya umur Bundo Kanduang bisa semakin kokohnya silaturrahmi. 

“Kita berharap dengan bertambahnya umur Bundo Kanduang ini bisa menjadikan silaturrahmi yang kokoh dengan berdasarkan kepada Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” ujar Dokter Dian saat memberikan sambutan. 

HUT Bundo Kanduang juga diisi dengan pemberian buku Pantun Adaik Salingka Nagari “Mancaliak Contoh ka nan Sudah, Mancari Tuah ka nan Manang” karya Bundo Erda Ilyas, S.Pd kepada Wako Fadly dan istri. 

Bundo Kanduang juga berharap buku Pantun Adaik Salingka Nagari ini bisa tercetak lebih banyak dan bisa menjadikan buku ini sebagai pedoman dalam menjalankan adat. 

Simbol dari HUT Bundo Kanduang juga dilakukan pemotongan nasi lamak dan ayam oleh Fadly Amran. Juga ditutup dengan penampilan pembelajaran Minangkabau. Dari Kenagarian Gunuang menampilkan Sumbang Duo Baleh, Kenagarian Bukit Surungan menampilkan Manyerak Bareh Kuniang dan Kenagarian Lareh Nan Panjang dengan penampilan Manjujai. 

Kegiatan ini ihadiri Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P,  M.Si, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Sri Hidayani Sonny Budaya Putra, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum, Noviyanti, S.STP, MM, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli, SH. Kadis DSPPKBPPPA, Drs. Osman Bin Noer, M.Si, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd, Kabag Kesra, Ade Afdil, S.Pd.I. (shintia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.