Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta Ulu Sulit Cecen Panansih.S.pd.I dinobatkan sebagai Penyuluh terbaik tingkat Nasional

oleh -50 Dilihat

Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiah Swasta Ulu Suliti Cecen Panasih S.pd.i

Solsel, dutametro.com — Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta Ulu Sulit Cecen Panansih.S.pd.I dinobatkan sebagai Penyuluh terbaik tingkat Nasional oleh Kementrian Agama RI. 

Putra terbaik yang berasal dari daerah gerbang masuk Solok Selatan tepatnya di Ulu Sulit, Nagari persiapan Pakan Rabaa Utara Duo, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) itu berhasil mengalahkan ratusan Penyuluh lainya se Indonesia. 

Penyuluh teladan ini sudah dinilai sejak tahun 2019 lalu, karena ada bencana Nasional maka penilaian ini terundur hingga tahun 2021 ini,” ucap Cecen Panasih saat diwawancarai Media ini diruang kerjanya, Senin (13/12/2021).

Lebih jauh pria yang biasa disapa Ustad ini menerangkan, kategori penilaian adalah kelompok pembinaan Nagari, tentang penyaluhgunaan narkoba. 

Saya mengambil judul makalah itu “Mengantisipasi Penyalah gunaan Narkoba dan HIV Aids di Nagari Pakan Rabaa Utara,” terangnya. 

Lama juga proses penilaian itu, pertama Saya juara di Kabupaten Solok Selatan tahun 2019, karena ada kasus covid-19, pelaksanaan ditunda dan dilanjutkan tahun 2021 mewakili kabupaten Solok Selatan ditingkat Provinsi, dan ditingkat Provinsi Saya meraih juara 1.

Tepat di bulan September 2021 dilakukan penilaian tingkat Nasional, yang dilakukan di Bogor Jawa Barat, dan tanggal 1 Desember keluarlah hasil penilaian. Sumatera Barat dan Saya keluar sebagai juara 2 tingkat Nasional., ” ucapnya penuh kebanggaan. 

Metode pembinaan dan penyuluhan ini saya lakukan di setiap memberikan ceramah agama hampir seluruh masjid, mushallah yang ada di Solok Selatan khususunya Nagari Pakan Rabaa Utara ini. 

Metode penyuluhan dilakukan Cecen dengan mengajak anak anak muda, melakukan kegiatan pertanian, mereka bercocok tanam bawang, dan waktu istirahat dipergunakan cecen memberikan penyuluhan baik dibidang Agama dan juga bahaya penyalahgunaan Narkoba dan HIV AIDS.

Setidaknya cecen sudah banyak membantu menciptakan lapangan kerja bagi generasi muda yang produktif dan ibuk ibuk janda yang tidak produktif. 

Lebih jauh bapak dua orang anak ini mengatakan, selama ini Solok Selatan belum pernah meraih juara Penyuluh ditingkat nasional baru kali ini, dan ini merupakan hasil yang sangat memuaskan bagi Saya pribadi,” ungkap pria bertubuh pendek itu. 

Yang lebih membanggakan lagi, Kementrian Agama RI juga memberikan Piagam dan apresiasi untuk pemerintah daerah Solok Selatan dengan tema piagama Penghargaan dari Mentri Agama kepada Bupati Solok Selatan sebagai pendukung penyuluh Agama non PNS.

Pendiri sekolah Madrasah ini juga menambahkan. Sertifikat apresiasi diberikan kepada bupati Solok Selatan sebagai kepala daerah yang telah berpartisipasi mendukung program Moderasi ber Agama dan penguatan fungsi penyuluh Agama di Solok Selatan, dan Piagam ini sudah diserahkan ke Ka Kamenag Solok Selatan, untuk diserahkan kepada Bupati Solok Selatan. 

Saya bangga sebagai putra daerah Solok Selatan, walaupun Saya berada didaerah paling ujung Solok Selatan ini ingin memajukan generasi muda yang Agamais,” katanya mengakhiri. (Met)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.