Nagari Pakan Rabaa Timur gelar Lounching penyerahan bantuan modal usaha bagi masyarakat miskin.

oleh -5 Dilihat

Wali Nagari Pakan Raba Timur Nasril menyerahankan secara simbolis bantuan modal usaha bagi masyarakat miskin.

Solsel, dutametro.com — Kami selaku Wali Nagari tidak mau mendengar bantuan ini tidak dipergunakan sesuai peruntukannya.

Ungkapan ini dikatakan Wali Pakan Rabaa Timur Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Kabupaten Solok Selatan saat Lounching penyerahan bantuan modal usaha bagi masyarakat miskin Tahun Anggaran 2021, di ruang pertemuan balai balai adat Senin, (13/12/2021).

Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril menyampaikan, kegiatan ini merupakan visi dan misi Wali Nagari menuju Nagari Maju dan peningkatan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat berpenghasilan rendah.

Untuk itu sesuai dengan persetujuan dari Bamus Nagari, bahwa Dana Desa (DD) itu bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, serta menindak lanjuti visi misi wali Nagari.

Ditahun 2019 lalu kita sudah menyalurkan bantuan ini dengan jumlah sebanyak 215 orang KK, namun ditahun 2020 tidak bisa dianggarkan, karena wabah covid-19, sesuai intruksi presiden dana DD dialihkan untuk penanggulangan covid-19. 

“Dan di tahun 2021 ini sudah mulai bisa dianggarkan lagi bantuan usaha untuk warga miskin ini,” terang Wali Nagari Nasril.

Tahun ini Nagari hanya bisa memberikan sebanyak 87 KK dengan rincian masing masing mendapatkan bantuan senilai Rp1.500.000/kk, dengan jumlah anggaran lebih kurang 135 juta dipotong pajak. 

Perlu diketahui bahwa bantuan ini tidak berupa uang tunai, hanya berupa alat alat pertanian seperti Semprot air, wareng, plastik, pupukdan sebagainya.

Rencana tahun 2022 kami menganggarkan sekitar 200 orang KK yang akan menerima bantuan ini.

“Jadi yang belum menerima bantuan ini jangan berkecil hati karena Tahun 2022 kami masih menganggarkannya,” ungkap Wali.

“Semoga bantuan modal usaha bagi masyarakat miskin ini bisa sedikit meringankan beban dimasa pandemi ini,” imbuhnya.

Camat KPGD yang diwakili Kasi Pemerintahan Condra Lismen dalam arahnya mengatakan, bantuan ini diberikan kepada warga miskin, sesuai juga dengan nama bantuan miskin dengan tujuan agar warga yang miskin terbangkit ekonominya dari kemiskinan, dan itu salah satu program pemerintah. 

Namun yang namanya bantuan tetap tidak akan mencukupi, kemampuan nagari bisa juga diukur, dan bantuan ini bukan hanya satu kali saja, bagi warga yang belum menerima agar bisa mengerti dengan kondisi sekarang ini. 

Tahun ini hanya bisa diberikan sebanyak 87 KK dan ini akan terus hingga tahun 2024 nanti, Nagari Pakan Rabaa Timur sudah maksimal memberikan yang terbaik bagi warganya, warga harus mendukung dengan sepenuhnya. 

Pergunakan lah bantuan ini dengan sebaik baiknya, tujuan dari pemerintah tetap berpihak kepada masyarakat ekonomi bawah. 

Pendamping penggunaan dana desa Dewi Putri sedikit menjelaskan, penggunaan bantuan Dana Desa (DD) tahun 2021 dan 2022 sudah diatur oleh pemerintah dan harus disalurkan kepada warga, dan apa yang telah dipaparkan oleh Camat, Wali Nagari itu sudah melalui prosedur. 

hadir dalam acara Wakil ketua Bamus Kamra, Camat KPGD diwakili oleh Kasi Pemerintahan Condra Lismen, Wali Nagari Nasril, Pendamping Desa Dewi Putri, Agung Aditia dan penerima bantuan modal usaha bagi masyarakat miskin. (Met)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.