Peduli Terhadap Marwah Ninik Mamak di Alam Minang Kabau, Yong Hendri, Datuk Paduko Reno, SH. Maju Jadi Ketua LKAAM Sumbar

oleh -31 Dilihat

Padang, Dutametro.com-Tak lama lagi, Yong Hendri, Datuk Paduko Reno, SH. akan mengikuti pemilihan ketua LKAAM Sumatera Barat. Keikut sertaan Yong Hendri sebagai ketua LKAAM sebagai bentuk kepedulian yang besar terhadap Marwah Ninik Mamak di Alam Minang Kabau.

Hal tersebut disampaikan oleh Yong Hendri, Datuk Paduko Reno, SH yang akrab disapa Datuk pada media ini lewat telpon selulernya. “Saya maju mencalonkan diri menjadi ketua LKAAM Sumatera Barat secara profesional untuk mendukung dan bersinergi dalam mewujudkan visi dan misi pemerintahan, tanpa terlibat dengan partai apapun, jadi kita disini hadir dengan  landaskan “adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah”, ucap Datuk pada media ini senin (06/12). 

Dikatakan lagi bahwasannya, “LKKAM wajib memiliki unit usaha produktif untuk pembiayaan organisasi dan pengembangan usaha-usaha secara berjenjang. Contoh : Perkebunan Sawit atas nama LKAAM SUMBAR. LKAAM Kabupaten/Kota dan Kecamatan akan mendapat bagian/persentase dari usaha tersebut.  Kemudian Dirikan Koperasi LKAAM Sumatera Barat Koperasi sebagai soko guru nya perekonomian harus dimiliki oleh LKAAM Sumatera Barat dengan keanggotaan adalah LKAAM Kabupaten/Kota dan KAN dinagari se sumatera barat”. Ujar Datuk Lagi.

Kemudian, Datuk berharap dengan keikutsertaannya dalam pemilihan ketua LKAAM Sumatera Barat dapat menambah semangat kita untuk lebih memperhatikan ana, cucu, kemenakan kita di Sumatera Barat ini.

Lebih lanjut Yong Hendri berharap kehadirannya kedepannya lebih memperkuat KAN (Kerapatan Adat Nagari) dengan adat Salingka Nagari. KAN (Kerapatan Adat Nagari) sebagai akar rumput LKAAM perlu diperkuat lagi melalui pelestarikan Adat dan Budaya, tradisi, kearifan lokal di masing-masing Nagari/Desa di Provinsi Sumatera Barat yang tertuang dalam adat salingka Nagari.LKAAM Sumatera Barat mendorong Adat salingka Nagari di masing-masing nagari  terwujud dalam bentuk Barih Balobeh yang disahkan di balerong oleh KAN (Kerapatan Adat Nagari) Penguatan ini akan  dikolaborasikan dengan masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota supaya APBD Kabupaten/Kota mengakomodirnya.

Sehingga memperkuat pemahaman dan keyakinan kepada seluruh anggota KAN (Kerapatan Adat Nagari) tentang keistimewaan alam Minangkabau Keistimewaan Alam Minangkabau telah di akui Negara Republik Indonesia melalui IJUD 1945, Pasal 18b ayat 2.

“Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat serta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diatur dalam undang-undang. Untuk memperkuat pemahaman dan keyakinan akan diadakan sosialisasi, bimbingan teknis dengan pemateri yang mempunyai kompetensi perannya sebagai garda terdepan dalam hal’ini. Untuk pengembangan selanjutnya kita tuangkan di program kerja kepengurusan LKAAM Sumatera Barat.sehinggalebih mempertegas bahwa Penghulu/Niniak Mamak di Minangkabau adalah BANGSAWAN. 

Jadi selaku bangsawan penghulu/niniak mamak Minangkabau perlu menjaga azas Musyawarah dan Mufakat, sebagai wujud jati diri urang Minang yang telah beruratberakaredari nenek moyang kita di Minangkabau sejak dahulu kala.

Untuk itu saya sampaikan visi dan misi ini nantinya akan kita kembangkan turunannya, menjadi Tungku -figo Sajarangan, Tali Tigo Sapilin, asas Musyawarah dan Mufakat sehingga menjadikan penghulu/niniak mamak sebagai pencari solusi atas permasalahan yang ada di alam Minangkabau.

Tungku Tigo Sâjarangan, Tali Tigo Sapilin merupakanfllosofi dalam kepemimpinan masyarakat Minangkaba dalam mengamalkan adat”, tutup Datuk. Sc

Mengenal Lebih Dekat Sosok Yong Hendri, Datuk Paduko Reno, SH 

Yong Hendri SH, Datuk Paduko Reno lahir di Payakumbuh, pada tanggal 24 Desember 1970 beralamat di Jorong Koto Panjang Nagari Koto Baru Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat- Indonesia dan berkantor di Komplek SMK Excelent YSI Jorong Pasar Gambok Nagari Padang Laweh Selatan Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat. Hobby dengan Publik spicking, pemahaman Hukum, Motivator, Orator dan Konseptor.

Mengenyam Pendidikan Formal Dan Non Formal

Pendidikan Formal

SD N 1 Tigo Jangko- Lintau Buo Tahun 1977-1984

MTsN Pangian Lintau Buo Tahun 1984-1987

SMAN 1 Bagansiapiapi- Riau Tahun 1987-1990

Fakultas Hukum Universitas Muhammadyah, Bukittinngi- Sumbar Tahun 2006-2010

Pendidikan Non Formal

AMT – Achievement Motivation Training Tahun 1995

CEFE- Creation of Enterpeneurse And Formation OF Enterpeneurses And Formation Of Enterepreneurs Tahun 1996

Sertifikasi Multi Produk Minuman Tahun 1997

Riwayat Organisasi

Ketua Fasilitator pembangunan (Fasbankot) kota Sawahlunto Tahun 2003 – Sekarang

Anggota Muhammadiyah Kota Sawahlunto Bindang Ekonomi Tahun 2004 – Sekarang

Sekretaris Kosgoro Kota Sawahlunto Tahun 2003 – sekarang

Anggota  Pemuda Pancasila Kota Sawahlunto Tahun 2003 – Sekarang

Kabiro/ wartawan Garda Minang Padang Tahun 2003 –2009

Ketua KNPI Kota Sawahlunto Tahun 2003 – 2008

Calon Wakil Wali Kota Sawahlunto Priode Tahun 2004-

2008

Calon Dewan Perwakilan Daerah ( DPD-RI) Tahun 2019- Sekarang

Pengurus LKAAM Provinsi Sumatera Barat

Riwayat Pekerjaan

Direktur Utama CV. CARACAS  Tahun 2003 –Sekarang

Pimpinan CV. Graha Linga Sejati (Konsultan Perencana) Tahun 2008 – Sekarang

Direktur CV. Depo Bangunan Tahun 2006 – Sekarang

Direkturutama PT. Kaiko Bintang Utama Tahun 2010- Sekarang

Pembina/ Pendiri Yayasan Young Sumatera International( YSI) Tahun 2012 – Sekarang

Koordinator bidang sako dan pusako LKAAm Provinsi Sumtera Barat. Periode 2016- 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.