Peringatan Hari Bela Negara Pemkab Solsel Gelaran Tour de PDRI

oleh -3 Dilihat

Solsel, dutametro.com –  Etape 2 pada gelaran Tour De PDRI Tahun 2021 di Solok Selatan yang menempuh rute RTH Padang Aro dan finish di Lapangan Bidar Alam Kec. Sangir Jujuan sejauh 24,23 KM dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Solok Selatan H Yulian Efi di RTH Padang Aro, Selasa (14/12/2021).

Mewakili panitia pelaksana Tour de PDRI Solok Selatan, Sekdakab Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM meyampaikan bahwa dalam rangka peringatan hari bela Negara sesuai arahan dari pemerintah Propinsi Sumatera Barat, Pemkab Solok Selatan telah melaksanakan berbagai persiapan, sampai terlaksananya acara Tour de PDRI 2021 di Solok Selatan. 

Apresiasi dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, ‘’mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar, meskipun hujan hendaknya tidak mengurangi semangat untuk melaksanakan kegiatan ini’’, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Propinsi Sumbar Dr. Jefrinal Arifin, SH, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan Tour de PDRI Tahun 2021 telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharulah di depan Gedung Juang 45 Kota Padang.

Walaupun perjuangan PDRI itu waktunya tidak lama, hanya 207 hari, akan tetapi jadi penentu nasib bangsa indonesia pada waktu itu. Saat itu, ibukota dikuasai oleh penjajah, dan Soekarno dan Hatta ditawan, sehingga penjajah belanda menyebut indonesia sudah tamat, sebut Jefrinal. 

Beliau juga mengatakan bahwa kegiatan Tour de PDRI Tahun 2021 ini merupakan ide Gubernur Sumbar sebagai ketua forum bela Negara, maka dilaksanakanlah kegiatan ini yang merupakan rangkaian peringatan hari bela negara.

Tidak hanya Tour de PDRI, bebagai rangkaian acara peringatan Hari Bela Negara di Sumatera Barat diadakan seperti napak tilas, seminar, pameran dan sebagainya. 

Wakil Bupati Solok Selatan H Yulian Efi dalam sambutannya mengatakan bahwa bela negara merupakan sikap, tekad, perilaku warga negara yang menunjukkan kecintaan nya kepada negara.  Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. 

Etape 2 Solok Selatan diikuti lebih dari 100 peserta antara lain terdiri dari 70 orang dari peserta Tour de PDRI propinsi dan 30 lainnya dari OPD dan Komunitas sepeda Solok Selatan. 

Turut hadir dalam pelepasan Tour de PDRI di Solok Selatan Staf ahli Gubernur Sumbar, Kepala Kantor Kesbangpol Propinsi dan rombongan, Fokopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari serta masyarakat Solok Selatan (Met)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.