Polres Situbondo Gelar Latihan Dalmas

oleh -36 Dilihat

 

Situbondo, Dutametro.com – Polres Situbondo, Satuan Samapta Polres Situbondo melaksanakan program rutin pelatihan peningkatan kemampuan pengendalian massa (Dalmas). Latihan digelar dihalaman apel Mapolres Situbondo, Selasa 30/11/21 Pagi.

Pelatihan dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Yatno Mardi, SH, Kabag SDM Kompol Nurhadi Suseno S.E., S.H. dan Kasat Samapta AKP Sugeng Winarno, S.H.. Peserta pelatihan adalah satu peleton Dalmas Polwan, satu peleton Dalmas Awal dari personel Staf Polres dan Polsek dan Satu peleton Dalmas Lanjut dari personel Samapta.

Kompol Yatno menyampaikan, peningkatan kemampuan pengendalian massa adalah hal yang wajib dilaksanakan seluruh anggota Samapta baik di Polres dan Polsek jajaran, dikarenakan Samapta merupakan garda terdepan dalam menangani eskalasi kegiatan unjuk rasa yang wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan gerakan dalmas.

“ Ini adalah kegiatan rutin sebagai kesiapan apabila terjadi unjuk rasa yang mana eskalasi nya dapat meningkat menjadi anarkis massa, maka kita anggota Polri telah siap dengan segala kemungkinan “ ucapnya

Ditambahkan oleh Kabag SDM, materi pelatihan meliputi penerapan penanganan pengamanan unjuk rasa sesuai dengan SOP yaitu bertahap mulai dalmas awal yang terdiri dari Dalmas Polwan dan Tim Negosiator. Selanjutnya beralih tahap lapis ganti dengan Dalmas Lanjut mengikuti eskalasi situasi.

“ dengan latihan rutin dapat meningkatkan kualitas SDM personil Dalmas yakni respon cepat dan kompak saat bertugas mengatasi segala bentuk kerawanan gangguan kamtibmas. Namun dalam pelaksaan tetap mengedepankan sikap humanis “ pungkasnya.( Sun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.