Selasa, April 16, 2024

Jalan Arkadius Dt Intan Bano Putra Tanah Datar Menuju Senayan

Must read

Jelang pemilihan umum (Pemilu) pada 2024 mendatang.Jalan Arkadius Dt Intan Bano Putra Tanah Datar Menuju Senayan mulai membicarakan nama-nama yang dinilainya pantas untuk maju sebagai bakal calon peserta Pemilu 2024. Mulai dari Presiden, Gubernur, Bupati, Wali Kota, DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi hingga DPR Kota/Kabupaten.

Masyarakat Tanah Datar mengharapkan Arkadius Dt Intan Bano untuk maju ke DPR RI. Permintaan tersebut disebabkan karena di Senayan itu adalah pertarungan politik tingkat tinggi, dan butuh kepiawaian. Sebagai orang yang telah 3 periode sebagai Anggota DPRD Sumbar, tentu sudah berpengalaman di bidang legislasi. sudah terbiasa berkomunikasi dengan pemerintah tingkat provinsi hingga ke kementerian.

Sebagai orang yang berpeluang besar untuk terpilih sebagai Anggota DPR RI dapil 1 Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano tidak langsung jumawa. Ketika calon lain sibuk memikirkan persaingan sesama partai dan basis yang sama. Pada kondisi tersebut, pertarungan akan ada aksi saling jegal atau saling mendukung. ibarat pepatah, kalah jadi abu, menang jadi arang dan berakhir sia-sia.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Dr. Aidinil Zetra, MA yang juga wakil dekan FISIP UNAND pada kegiatan pendidikan politik yang dilaksanakan 4- 6 Desember 2022 lalu di Novotel hotel Bukittinggi, dihadapan tokoh masyarakat tanah datar, bahwa yang menjadi lawan politik itu adalah kawan separtai. artinya adalah walaupun mendapatkan suara yang lebih banyak dari orang lain tapi beda partai, tidak ada gunanya. lebih baik masyarakat tanah datar memberikan suara kepada yang berpeluang besar untuk terpilih.

Sebagai kader partai Demokrat, dalam pertarungan pileg 2024, di Kabupatrn Tanah Datar sampai saat ini hanya nama Arkadius Dt Intan Bano yang mengapung ke permukaan. Artinya konsentrasi kader, pengurus partai Demokrat Tanah Datar akan terfokus kepada Dt Intan Bano, apalagi Bupati Tanah Datar saat ini juga kader partai Demokrat sekaligus pengurus DPP partai Demokrat.

sebagai Anggota DPRD Sumbar fraksi Demokrat aktif saat ini, Arkadius Dt Intan Bano sudah mendapatkan posisi dihati masyarakat Tanah Datar khususnya, Dapil Sumbar 6 Umumnya. berkiprah sejak 2009 hingga saat ini, Arkadius Dt Intan Bano selalu menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat. Baik masyarakat badarai, kepala jorong sampai bupati. Dari komunikasi yang intensif dan berkelanjutan tersebut, masyarakat Tanah Datar menginginkan agar Arkadius Dt Intan Bano maju sebagai anggota DPR RI tahun 2024.

Dalam setiap kesempatan berjumpa dengan masyarakat, baik pertemuan formal yang dilakukan di hotel, maupu maota (diskusi) di Lapau/ warung. hampir semua yang hadir menginginkan Arkadius Dt Intan Bano sebagai Anggota DPR RI. kekosongan wakil dari Tanah Datar yang terjadi saat ini sangat berdampak terhadap pembangunan di Tanah Datar. oleh sebab itu tertumpang harapan masyarakat ke Arkadius Dt Intan Bano untuk mewujudkan impian tersebut.

Dalam kegiatan politik menuju Senayan, Arkadius telah melaksanakan langkah yang terukur dan terstruktur, antara lain :
a. Local network. merupakan tindakan lokal yang sedang dilakukan oleh Arkadius sebagai kandidat, bersama kader partai dan tokoh masyarakat dengan tujuan untuk menjalin hubungan baik antara kandidat dengan masyarakat pemilih, sehingga terbentuk image positif dari kandidat itu sendiri.

b. Canvassing. merupakan upaya untuk pengumpulan massa dan menghimpunnya dalam kantong-kantong suara yang ada berdasarkan kriteria yang dibuat partai atau kandidat.
Aktivitas Arkadius Dt Intan Bano sebagai Anggota DPRD Sumbar tidak bisa dilepaskan dari kegiatan bersama masyarakat.

kewajiban seorang anggota DPRD yaitu menyerap aspirasi masyarakat konstituen atau biasa yang disebut dengan Reses. dalam setiap kesempatan, ratusan masyarakat antusias untuk hadir. mereka hadir selain ingin menyampaikan aspirasi juga ingin bersilaturahmi secara langsung. Selama tahun 2022 kemarin,

Arkadius Dt Intan Bano sudah bersilaturahmi dengan masyarakat 75 nagari.
Arkadius Dt Intan Bano berjumpa dengan masyarakat tidak hanya pada kegiatan reses. sebagai seorang da’i, beliau juga sering mengisi pengajian, baik yang diselenggarakan oleh pengurus masjid dan mushalla, maupun BKMT tingkat nagari hingga kabupaten.

c. Leader tour. meliputi keterlibatan kandidat kader partai, maupun tim kampanye dalam aktivitas-aktivitas masyarakat. Hal ini dapat berupa kunjungan atau silaturrahim kandidat baik pada organisasi sosial maupun organisasi keagamaan.

sepanjang tahun 2022 banyak aktivitas masyarakat yang diikuti oleh arkadius Dt Intan Bano, baik aktivitas keagamaan, pemuda maupun aktivitas olahraga. selain menghadiri undangan, Arkadius Dt Intan Bano juga banyak mengundang organisasi masyarakat, seperti kepemudaan (KNPI) dan ( BKPRMI). Untuk kegiatan pendidikan politik saja, semua elemen Di kabupaten Tanah Datar diundang oleh Arkadius Dt Intan Bano, seperti ulama, Tokoh masyarakat, pengurus BPRN SE Kabupaten Tanah Datar.

Oleh : Agus Fadrian, S.Pd, M.Pd.E

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article