Jumat, Maret 29, 2024

Rakornas Kada, Mendagri Sebut Inflasi Naik Karena Pola Demand

Must read

Bogor.dutametro.com,- Direaliase dari laporan Prokomp kota Solok, Mendagri Tito Karnavian mengatakan, kenaikan inflasi karena adanya pola Demand yang bersifat situasional atau musiman, seperti perayaan Natal, tahun baru, dan sebagainya.

Diterangkannya, tingkat inflasi terkendali dengan baik, dan sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), per September 2022 sebesar 5,95 %. Pada Oktober 2022 turun menjadi 5,71 % dan November 2022 turun sebesar 5,40 %, lalu untuk terakhir bulan Desember terjadi kenaikan sebesar 5,51 %.

Dalam penanganan dan pengendalian inflasi, juga dilakukan rapat koordinasi rutin satu kali dalam seminggu terhitung  sejak Oktober 2022 hingga awal 2023 guna mendapatkan perkembanganya.mendagri Rapat dilaksanakan secara daring dan
diikuti oleh kepala daerah dan Forkompimda se Indonesia.

Mantan Kapolri itu juga menyebutkan,
hingga saat ini pertumbuhan ekonomi secara nasional terus menunjukkan angka positif, dan berdasarkan data BPS, kuartal ketiga tahun 2022 mencapai angka 5,70 %.

Paparan itu adalah laporan Mendagri kepada Presiden dan semua peserta rapat koordinasi tahun 2023, Selasa, 17 Januari 2023, di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rakornas diikuti oleh kepala daerah dan Forkompimda seluruh Indonesia, dan dibuka lansung oleh presiden RI Joko Widodo. Juga terlihat hadir pada saat itu walikota Solok H.Zul Elfian Umar, serta Gubernur dan Kapolda Sumbar.

Rakornas mengangkat tema ” Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi “. Dikesempatan itu
Presiden menyampaikan apresiasi terkait upaya pemerintah secara menyeluruh dalam penanganan Covid-19 dan pengendalian perekonomian.

Sementara itu arahan yang diberikan Presiden adalah tentang kebijakan pemerintahan se Indonesia dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.(F.S)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article