Jumat, Maret 29, 2024

Bakal Jadi Tuan Rumah Kejurnas Berkuda 2023, Wagub Sumbar Temui Ketua KONI dan Pordasi Pusat

Must read

Jakarta, Dutametro – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy bertemu Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Norman Marciano di kediamannya, di Jakarta Pusat, Rabu (16/3). Turut dihadiri Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) Triwatty Marciano, pertemuan hangat itu membahas tindak lanjut paska terpilihnya Sumbar sebagai tuan rumah kejurnas berkuda 2023, sekaligus pra kualifikasi PON Aceh-Sumut 2024.

Diketahui Sebelumnya pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar di Palembang Februari lalu, Pordasi memutuskan Sumatera Barat sebagai tuan rumah kejuaraan nasional pacuan kuda pada tahun 2023 nanti. Itu sebabnya, berkolaborasi dengan KONI dan Pordasi, Pemprov Sumbar mulai mengambil ancang-ancang menyambut gelaran olahraga bergengsi tersebut.

Wagub mengatakan, terpilihnya Sumbar sebagai tuan rumah merupakan sebuah momentum yang harus dimanfaatkan secara apik. Karena hal ini juga sejalan dengan Visit Beautiful West Sumatera 2023 yang tengah menjadi salah satu fokus pemerintah daerah.

“Memang kita masih butuh pembenahan untuk menyambut gelaran kejurnas, tapi ini momentum yang tepat, seiring dengan Visit Beautiful West Sumatera, Kejurnas Berkuda bisa menjadi salah satu atraksi sport tourism untuk menarik minat wisatawan,” kata Audy.

Menurut Norman Marciano, Sumbar dinilai siap menjadi tuan rumah kejuaraan pacuan kuda. “Sumbar sangat potensial karena masyarakatnya banyak yang menaruh minat pada olahraga berkuda. Dari segi sarana dan prasana maupun penyelenggara juga memiliki beberapa opsi track yang bisa digunakan,” ujarnya.

Sementara Triwatty, mengapresiasi langkah cepat Pemprov Sumbar yang mulai mempersiapkan diri sebagai tuan rumah. Ia sepakat, untuk mensukseskan kejurnas kolaborasi antara Pemprov, KONI, Pordasi, dan stakeholder sangat diperlukan.

“Kita tentu siap bahu-membahu mensukseskan Kejurnas Berkuda 2023, oleh karena itu kita akan undang seluruh stakeholder, komunitas berkuda, sponsor dan investor swasta untuk berkolaborasi dengan Pemprov Sumbar,” ungkap Triwatty.

Selain Ketua Umum KONI dan Pordasi Pusat, pertemuan tersebut juga dihadiri pengurus KONI Sumbar, Kadispora Prov. Sumbar, Dody Diantolani dan Kadis Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal. (Mc Prov Sumbar)

#Dinas Kominfotik Sumbar

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article