Jumat, Maret 29, 2024

Diskominfo Solsel Gandeng Diskominfo Padang Pariaman Terkait Pengunaan Aplikasi Srikandi

Must read

Solsel, dutametro.com -Diskominfo Solsel Gandeng Diskominfo Padang Pariaman Terkait Pengunaan Aplikasi Srikandi. Upaya percepatan penerapan surat elektronik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Pemkab Solsel melalui Dinas Kominfo gandeng Diskominfo Kabupaten Padang Pariaman. Pertemuan ini ditujukan untuk berbagi informasi terkait penggunaan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Kegiatan ini dipimpin Kepala Dinas Kominfo Solsel, Firdaus Firman dan diikuti oleh ASN Dinas Kominfo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta Kabag Organisasi Setdakab.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Zahirman, S.Sos, MM selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman, didampingi Kabid Layanan E-Goverment, Roza Suhendra, S.Kom, M.CIO.

Menurut Zahirman, persoalan penerapan aplikasi Srikandi memang tidak sesuatu yang baru. Aplikasi tersebut memang ditujukan sebagai upaya digitalisasi segala kegiatan terkait administrasi persuratan, kearsipan yang selama ini telah dilakukan secara manual.

“Salah satu keunggulan aplikasi Srikandi adalah melahirkan administrasi persuratan yang dinamis, terintegrasi, efisien,” kata Zahirman di Aula Tansi Ampek, Kamis (16/03/2024).

Selain itu, lanjutnya, aplikasi Srikandi merupakan aplikasi terintegrasi antara pemerintah pusat dan daerah. Sehingga memudahkan koordinasi dan komunikasi antar instansi pemerintah, berbagi pakai data yang merupakan transformasi pengelolaan arsip dinamis saat ini.

“Pemerintah daerah juga akan mudah mengakses informasi kearsipan yang diperlukan publik, peningkatan kinerja pemerintah, paperless, juga meningkatkan indeks penerapan SPBE dan indeks pengawasan kearsipan,” imbuh Zahirman.

Sementara Kadis Kominfo Solsel Firdaus Firman menyebut pertemuan ini adalah upaya mensosialisasikan aplikasi Srikandi. Ini juga sebagai bentuk silaturahmi antar instansi kedua kabupaten serta berbagi ilmu, karena Kabupaten Padang Pariaman telah lebih dulu mengadopsi aplikasi Srikandi.

“Kami memang ingin serius menerapkan aplikasi Srikandi di Solsel. Dan ini selaras dengan instruksi Bapak Bupati untuk lakukan digitalisasi di berbagai bidang” tukas Firdaus. (Med)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article