Jumat, Maret 29, 2024

Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar Pembaca Teks Proklamasi

Must read

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Irsyad Syafar, didaulat sebagai pembaca teks proklamasi pada upacara bendera HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Di halaman Istana Gubernur Sumbar, Rabu (17/8). Dengan suara lantang menandakan jiwa patriotrisme, Irsyad membacakan teks tersebut dihadapan Gubernur dan Wakil Gubernur serta jajaran Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) yang hadir.

Diwawancarai usai upacara bendera Irsyad mengatakan, pada peringatan Kemerdekaan Indonesia Ke-77 yang mengusung motto “pulih lebih cepat bangkit lebih kuat” harus dimaknai dengan kerja kolaboratif anak bangsa untuk keluar dari kondisi sulit usai pandemi Covid-19.

Seluruh persoalan yang terjadi pada masa peralihan harus diselesaikan bersama-sama “Dengan itu”, motto peringatan Kemerdekaan Ke-77 yang diusung bisa menjadi kenyataan.

” Kita yakin anak bangsa bisa bersatu untuk membawa Indonesia lebih maju, maka maknailah kemerdekaan sebagai dasar kerja kolaboratif untuk pembangunan yang lebih baik di sama depan,”katanya.

Dia menambahkan untuk keluar dari persoalan yang dihadapi usai pandemi membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Wabah pandemi Covid-19 yang menerpa beberapa waktu lalu, telah memberikan dampak cukup memprihatinkan, tidak saja dari sisi kesehatan namun terutama sekali kepada perekonomian.

” Untuk membangun kembali sendi-sendi kehidupan, perlu menjadi prioritas bersama. Pemerintah pusat tidak bisa menangani sendiri tanpa dukungan dari pemerintah daerah, pun sebaliknya pemerintah daerah juga tidak akan mampu tanpa campur tangan pemerintah pusat,” ujarnya.

Menurutnya fokus pembangunan nasional hendaknya disikapi oleh pemerintah daerah dengan program-program yang relevan, dengan tetap menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan daerah.

Langkah tersebut sebagai upaya mencapai tujuan secara bersama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangkitkan kembali perekonomian setelah terpuruk oleh pandemi Cavid-19.

Adapun jajaran yang tampak hadir pada Upacara bendera di Halaman Istana Gubernur Sumbar diantaranya Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto, Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb Fahlefie, Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Kejati Sumbar, Kabinda Sumbar dan Sekdaprov Sumbar. Turut hadir pula kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar.

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansarullah diwawancarai usai menjadi Inspektur upacara mengatakan 77 tahun Indonesia Merdeka adalah saat krusial bagi semua untuk melakukan langkah-langkah yang penting dan benar dalam mengatasi tantangan, serta mengesampingkan hal-hal yang dapat mengganggu keberhasilan perjuangan.

Gubernur juga memberi apresiasi pada seluruh tamu undangan uang hadir serta penyelnggara upacara, khususnya pada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumbar yang telah tampil dengan baik selama upacara berlangsung.

“Saya ucapkan terimakasih pada semua tamu undangan, termasuk Paskibraka. Luar biasa penampilannya, saya gembira sekali. Paskibraka ini memang harus dilibatkan terus dalam pengibaran bendera merah putih. Diharapkan kabupaten kota bisa menyiapkan ini karena Paskibraka ini telah terseleksi, terlatih dan mereka menghayati betul pengibaran Merah Putih,” kata Mahyeldi.(***)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article