Kamis, Maret 28, 2024

Longsor di Batang Kapas, Jalan Nasional Painan Terputus

Must read

Padang, Dutametro.com – Bencana longsor yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat sore memutus akses jalan nasional yang menghubungkan provinsi Sumbar dengan Bengkulu.

“Material longsor menutup akses jalan, sampai malam ini pengerjaan serta pembersihan terus dilakukan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Pesisir Selatan Doni Gusrizal dihubungi dari Padang, Jumat.

Ia menyebutkan titik longsor terjadi di Luwung, Kecamatan Bayang, kemudian Batang Kapas Kecamatan Batang Kapas, dan Bukit Pulai Kecamatan Batang Kapas.

“Untuk membersihkan material longsor malam ini dikerahkan alat berat dari pemerintah kabupaten serta pemerintah provinsi,” katanya.

Ia menerangkan bencana longsor itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB akibat curah hujan tinggi yang mengguyur daerah setempat sejak Jumat pagi.

Selain melumpuhkan akses jalan, longsor juga dilaporkan berdampak pada salah satu rumah warga di Lakitan Tengah, Lengayang.

BPBD tetap mengimbau warga agar tetap hati-hati berkendara dalam kondisi hujan, terutama ketika melintas di titik rawan longsor.

Pada bagian lain, banjir juga dilaporkan terjadi di enam titik kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan yakni Tapan, Batang Kapas, Lengayang, Silaut, dan Tarusan.

Banjir menggenangi pemukiman warga dengan ketinggian rata-rata satu hingga dua meter, sedangkan di dalam rumah warga mencapai setengah meter.

Hingga pukul 19.30 WIB tim BPBD beserta insan kebencaan masih di lokasi untuk memberikan pertolongan dan evakuasi, sementara itu hujan masih terus mengguyur kawasan setempat.

“Jadi sampai malam ini fokus kami adalah menyelamatkan serta mengevakuasi warga yang butuh evakuasi,” jelas Doni. Syap

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article