Kamis, Maret 28, 2024

Wabup Berharap Kunjungan Wisata Meningkat Dengan Hadirnya Guest House Tambasa

Must read

Tanahdatar, Dutametro – Potensi Wisata di daerah yang dikenal Luhak Nan Tuo ini, memang tidak ada duanya, dalam hal ini bidang Pariwisata menjadi penyumbang PAD terbesar setelah bidang Pertanian.

Saat ini destinasi wisata baru kian bermunculan di seluruh kecamatan yang ada di Tanah Datar, salah satunya Guest House Tambasa.

Guest House Tambasa terletak di Nagari Guguk Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, melayani pengunjung yang ingin menginap sembari menikmati keindahan Danau Singkarak.

Kehadiran Guest House Tambasa sebagai contoh bahwa pemerintah daerah membuka pintu masuk sebesar-besarnya bagi investor yang ingin berinvestasi di Tanah Datar.

“Kita akan permudah investor untuk berinvestasi di Tanah Datar, tentu sesuai dengan prosedurnya, ini akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja baru,” ujar Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH dalam kunjungan ke Home Stay Tan Basa, Senin, (17/1/2022).

Wabup Richi berharap adanya Guest House Tambasa akan meningkatkan kunjungan pariwisata ke Tanah Datar, “Guest House Tambasa membuktikan geliat pariwisata di Tanah Datar, kehadirannya akan membuat wisatawan berlama-lama di Luhak Nan Tuo ini, dengan begitu roda perekonomian masyarakat terus bergerak,” ujar Wabup Richi.

Terlepas dari semua itu, Wabup Richi mengapresiasi langkah pemilik Guest House Tambasa, dimana pada awalnya merantau selama betahun-tahun di negeri orang, hingga akhirnya memutuskan untuk mengabdikan diri membangun kampung halamannya.

“Kita mengetahui peran perantau dalam pembangunan masyarakat sangatlah penting, langkah yang diambil pemilik Guest House Tambasa untuk membangun daerahnya patut diapresiasi,” ujar Wabup Richi.

Sementara itu, Pemilik Guest House Tambasa Asril Chaniago mengatakan pembangunan Guest House ikut berkontribusi mendukung program Pemerintah Daerah, dengan memanfaatkan UMKM, Kelompok Usaha dan sebagainya di sekitar.

“Kita manfaatkan usaha masyarakat sekitar yang dirangkup dalam paket fasilitas Guest House Tambasa ini, seperti souvenir, kuliner dan wahana air. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian sekitar,” ujar Asril Chaniago.

Asril Chaniago menambahkan Guest House Tambasa terus mengembangkan unit penginapannya, direncanakan pembangunan destinasi akan segera berdiri sebanyak 15 unit, terletak tidak jauh dari lokasi Guest House Tambasa yang dinamai Guest House Tan Kayo.

“Sementara penginap kita batasi dulu, karena Guest House Tambasa hanya 3 unit, kalau mau menginap harus melalui pembookingan, tetapi akan kita bangun 15 unit, lokasinya di Nagari Padang Laweh, kita beri nama Guest House Tan Kayo,” ujar Asril Chaniago.

Turut hadir Kapolres Padangpanjang AKBP Novianto Taryono, SH. SIK, MH, Kadis PUP Tanah Datar Nofi Hendri, Camat Batipuh Selatan Benny Yohendri dan Tokoh masyarakat Btipuh Selatan. (prokopim/mnh)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article