Kamis, Maret 28, 2024

SUTAN RISKA : LANSIA MESTI DIBERDAYAKAN ,Pemkab akan membuat kebijakan yang berpihak kepada Lansia

Must read

Meski tidak lagi dalam usia produktif, warga lanjut usia (Lansia) diyakini masih dapat memberikan kontribusi positif di tengah-tengah masyarakat. Hal yang perlu dilakukan pihak terkait adalah menyalurkan semua potensi para Lansia tersebut sesuai dengan karakteristik masing-masing. Demikian disampaikan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada sambutan pembukaan Pesantren Lansia yang diinisiasi Lembaga Kesejahteraan Lanjut Usia (LKLU) di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Anugerah Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Selasa, (18/04)

Menurut Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) tersebut, para Lansia tidak boleh disisihkan dalam pergaulan masyarakat. Pasalnya banyak ilmu dan pengalaman Lansia masih relevan diserap dan diterapkan dalam kondisi kekinian .

“Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi LKLU Kabupaten Dharmasraya dan TBM Anugerah atas inisiasi acara Pesatren Lansia ini. Ini adalah salah satu kiat yang tepat untuk memberdayakan para Lansia kita untuk tetap potensial”, ungkap bupati.

Lebih lanjut dijelaskannya, Pesantren Lansia tidak saja untuk mengisi waktu luang, akan tetapi juga mengoptimalkan kembali kemampuan untuk mengasah otak agar faktor kepikunan yang sering dialami dapat diminimalisir.

“Melalui pesantren lansia ini mari kita ubah paradigma bahwa Lansia tidak lagi mempunyai potensi untuk dikembangkan dan tidak bergayaguna”, ajak Sutan Riska.

Sejalan dengan perkembangan kata Sutan Riska, masalah dan kebutuhan Lansia dipandang perlu adanya upaya yang dapat memberikan pelayanan untuk mewujudkan dan memelihara taraf kesejahteraan sosialnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya ke depan akan memberikan pertahatian khusus melalui kebijakan yang berpihak kepada Lansia.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sutan Riska juga menyerahkan sejumlah bingkisan sebagai tali asih dengan para Lansia pada momentum bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah ini.

“Semoga para orang tua kami, para Lansia yang kami cintai, senantiasa sehat, kuat beribadah, tetap berdayaguna, serta dapat menikmati hari tua dengan penuh kebahagiaan”, tutup Sutan Riska

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article