Jumat, Maret 29, 2024

Pola Asuh Anak, Dokter Dian Imbau Jangan Jadi Orang Tua Toxic

Must read

Perilaku toxic parents lebih sering berdampak negatif daripada positifnya terhadap kehidupan anak. Anak yang berada dalam pengasuhan toxic parenting ini, dapat mengalami gangguan kesehatan mental seperti stres, depresi yang diakibatkan lingkungan rumah yang tidak sehat.

Demikian disampaikan Ketua TP-PKK, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP dalam sosialisasi pola asuh anak bagi kader PKK se-Kota Padang Panjang, Jumat (17/12) di Aula Dinas Sosial PPKBPPA Kota Padang Panjang.

Dokter Dian menyebutkan, dalam banyak kasus anak-anak menjadi kehilangan kepercayaan diri, minder dan lebih tertutup. Hal tersebut jika terus dibiarkan akan semakin parah dan mempengaruhi hubungan si anak dalam kehidupan sosialisasinya. “Jadi jangan jadi orang tua yang toxic,” imbaunya.

Kepada kader, Dian berharap untuk dapat menyosialisasikan program Pokja 1 PKK terkait pola asuh anak remaja era digital. Mengingat pentingnya pengawasan orang tua terhadap anak dalam pengunaan gadget dan media sosial.

Menurutnya, tahapan pengasuhan anak sudah dimulai sejak kandungan, langkah lain yang mempengaruhi pola asuh anak yaitu dengan mengatur jarak kehamilan sekurang-kurangnya dua tahun. Mencegah tidak hamil sebelum usia dua puluh tahun dan setelah usia empat puluh tahun.

Salah satu narasumber, Neni Andriani M.Psi, Psikolog, CI, C.NLP, dalam materinya tentang toxic parenting yang merupakan pola pengasuhan yang keliru dan tanpa sadar dapat melukai psikologis anak. Pola pengasuhan tersebut kerap dilakukan orang tua yang umumnya kasar, tidak dewasa, serta memiliki gangguan mental.

Menurutnya, orang tua yang menjadi racun atau toxic dapat mengakibatkan luka psikologis atau luka pengasuhan pada anak, baik sekarang maupun dimasa depan. “Orang tua tanpa sadar menerapkan toxic parenting umumnya mengedepankan keinginan pribadi, mengatur anak semaunya sendiri, tidak menghargai pendapat anak, dan tidak memandang bahwa anak memiliki hak atas kehidupannya sendiri,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial PPKBPPPA, Tismaria, SE, M.Si, menyebutkan, sosialisasi hari ini merupakan hari kedua.

“Pembekalan diberikan ke kader PKK, karena PKK sebagai pelopor dan pelapor seandainya ada kasus terkait kekerasan anak dan kasus lainnya terhadap anak,” ucapnya.

Kepada kader PKK, Tismaria berharap dapat bekerja sama dengan kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang sudah terbentuk disetiap kelurahan di Kota Padang Panjang guna mencapai tujuan perlindungan anak. (andes)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article