Belum Memenuhi Syarat (BMS) Dukungn Minimal Bakal Calon (Balon) DPD RI Dapil Sumatra Barat

oleh -38 Dilihat
bms
Padang,dutametro.com.–Dua hari lagi deadline perbaikan Belum Memenuhi Syarat (BMS) dukungn minimal Bakal Calon (Balon) DPD RI Dapil Sumatra Barat pada Pemilu 14 Februari 2024.

Untuk Balon DPD RI Sumbar hanya 9 nama yang menunggu tahapan verifikasi faktual, alias 9 nama itu tekah Memenuhi Syarat (MS) dukungannya.

“Sedangkan 12 nama lagi harus melakukan perbaikan atas BMS dan kekurangan dikarenakan syarat dukungan minimal Tidak Memenuhi Syarat (TMS) batas waktunya 22 Januari 2023,” ujar Kasubag Teknis KPU Sumbar Rahman, Kamis 19/1-2023 di Padang.

Dan ingat, Balon DPD RI yang perbaikan syarat dukungan, KPU sesuai Juklak dan Juknis nya akan melakukan verifikasi administrasi (Vermin) atas syarat dukungan perbaikan tersebut.

“Harus divermin lagi, jika tidak memenuhi syarat juga atau setelah Vermin syarat dukungan minimal kurang, maka konsekuensinya Balon DPD RI tersebut wassalam atau berhenti prosesnya sampai di Vermin,” ujar Rahman.

Kasubag Teknis KPU Sumbar ini mendesak kepada Balon DPD RI yang masih perbaikan syarat dukungan minimal untuk memanfaatkab Help Desk KPU Sumbar.

“Silahkan Balon DPD atau LO Balon DPD ke Help Desk. Help Desk fasilitas KPU untuk melayani siapa saja masyarakat, terutama pada Balon dan LO Balon DPD RI sehingga perbaikannya sesuai ketentuan,” ujar Rahman.

Setelah proses Vermin perbaikan tuntas, selanjutnya KPU Sumbar melakukan verfikasi faktual dengan mendatangi pemberi dukungan pada Balon DPD RI, memastikan mendukung atau tidak.

“Bisa saja KTP dukungan itu si pemiliknya tidak tahu, guna Verifikasi Faktual untuk memastikan tahu dan tidak tahu serta dukung atu tidak mendukung,” ujar Rahman.

Seperti diberitakan media ini, 12 nama Balon DPD RI status syarat dukungannya BMS (belum.memenuhi syarat) merupaka orang beken dan tokoh tak diragukan di Sumatra Barat.
Di antaranya BMS, Arif Yumardi (Wakil Ketua KI Sumbar-Putra Pessel), Desrio Putra (Anggota DPRD Sumbar), Irfendi Arbi (Bupati Limapuluh Kota 2014-2019). Nasta dan Yonder dan lainnya.

Sedangkan 9 nama lolos Vermin, ada tiga incumbent Emma Yohana, Leonardy Harmainy dan Muslim M Yatim. Ada Anggota DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, ada tokoh muda pejuang petani Nurkhalis dengan topi caping petaninya. Juga Ada Ulama tenar Sumbar H Jelita Donal (Jel Fatullah), ada Advokat terkenal yang puta Solok Mevrizal dan pengusaha muda putra Muaro Paneh Rifo Darma Putra, serta Abdul Azis. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.