Jumat, Maret 29, 2024

Bupati Barru Sebut Musrembang Anak, Bagian Dari Pemenuhan Hak Anak

Must read

Barru. Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh. M. Si didampingi Bunda Forum Anak Colliq Pujie, drg. Hj. Hasnah Syam MARS mengapresiasi terseleggaranya Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Anak. Hal itu disampaikan Bupati saat membuka Musrembang Anak di Baruga Singkerru Adae Rujab Bupati Barru, Sabtu 19/3/2022.

Dikatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh komponen bangsa, yaitu negara, pemerintah dan masyarakat serta keluarga dan orang bersama-sama mewujudkan kesejahretaan anak dengan menghormati hak-hak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tampa perlakuan diskriminstif.

Bupati menguraikan, kegiatan Musrembang anak merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah, Khususnya Pemerintah Kab Barru terhadap pemenuhan hak yaitu hak anak untuk berpastisifasi dalam perencanaan pembangunan.

“Ahamdulillah kita di Kab Barru selama 5 tahun terakhir telah banyak berbuat terkait dengan berbagai macam kebijakan yang telah dilakukan, khususnya yang berhubungan dengan anak. “, beber Bupati lalu menyebut salah satunya adalah telah menambah pembangunan Fasilitas ruang bermain ramah anak di alun-alun Colliq Pujie dan Taman Melati.

Bupati menambahkan, taman ramah anak Colly Pujie merupakan salah satu ikin kita di kabupaten Barru karena merupakan salah satu ruang bermain ramah anak yang sudah tersedtifikasi nasional oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Diakhir sambutannya, Bupati Barru mengharapkan Musrembang Anak, yang difasilitasi Dinas PMD,PPKB,PPPA menyusun perencanaan melalui empat pendekatan dintaranya,

1. Pendekatan politis (janji politik Bupati/Wakil bupati) dalam mewujudkan visi misi.

2. Pendelata Partisipatif yaitu keterlibatan elemen masyarakat termasuk lembaga perlindunga anak

3. Pendekatan Teknokratis, yaitu memilah program berdasarkan kajian untuk menetapkan skala prioritas.

4. Pendekatan Perencanaan dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah, ( Botton Up Planning dan Top Down Planning) sehingga perencanaan tidak diskrimanitif.

Musrembang Anak dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Forum Anak Colliq Pujie priode 2022-2024.

(syam)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article