Sabtu, April 20, 2024

Kodim 0319/Mentawai Tanam 100 Batang Pohon Magrove Disekitar Pemukiman Warga Sikakap

Must read

Sikakap,dutametro.com.-Kodim 0319/Mentawai Tanam 100 Batang Pohon Magrove Disekitar Pemukiman Warga Sikakap.Cegah terjadinya abrasi pantai di sekitar pemukiman warga di Dusun Sikakap Timur, Desa Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai Kodim 0319/Mentawai tanam 100 batang Magrove.

Penanaman 100 batang pohon mangrove tersebut langsung di pimpin Dandim 0319/Mentawai Letkol INF Suirwan, didampingi Danramil 04 Sikakap Kapten CZI Masri, Danramil 03 Sioban, Danposkamla Sikakap, Kapolsek Sikakap diwakili Bhabinkamtibmas Polsek Sikakap, Anggota Syahbandar Sikakap, dan Beberapa orang masyarakat Desa Sikakap, kegiatan dilaksanakan Sabtu, 18 Maret 2023.

Dandim 0319/Mentawai, Letkol INF Suirwan, mengatakan, penanaman 100 batang Magrove di sepanjang pantai di sekitar pemukiman masyarakat Dusun Sikakap Timur, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah untuk mengantisipasi terjadinya abrasi pantai, pohon mangrove memiliki akar yang sangat kuat dapat mencegah terjadinya abrasi pantai.

 

Ditanamnya pohon mangrove di sekitar bibir pantai dapat menjaga lingkungan dari abrasi pantai, selain itu dapat juga menjaga kelestarian lingkungan hidup, dan tempat berlangsungnya hidup biota laut.

Batang dan Akar Magrove merupakan tempat ikan mencari makan, bertelur dan berkembang biak, untuk itu harapan kita kepada masyarakat pohon mangrove jangan di tebang, mari kita lestarikan dan budayakan kebiasaan untuk menanam pohon mangrove di sekitar kita, saya perhatikan pada umumnya warga Desa Sikakap tinggalnya di sepanjang pantai.

Penanaman ratusan pohon mangrove merupakan program Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Selain tempat berkembang biak biota laut, pohon mangrove juga dapat menjadi sumber pendapatan bagi nelayan, pengembangan kawasan wisata, serta dapat memberikan dampak ekonomi yang luas.

Menanam pohon mangrove sangat besar sekali manfaat nya bagi masyarakat, selain dapat mencegah terjadinya abrasi pantai, juga bermanfaat sekali bagi nelayan, dan dapat di jadikan tempat wisata, mari kita jaga lingkungan agar tetap asri, katanya.SL

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article