Jumat, Maret 29, 2024

Organisasi DPP KMTD Dikukuhkan

Must read

Padang, dutametro – Dalam menghimpun potensi Kaum Muda Tanah Datar (KMTD) yang terkhusus berada di Kota Padang, sejumlah tokoh-tokoh yang berasal dari daerah Tanah Datar Sumatera Barat mengadakan acara silaturrahmi bertajuk “Manjapuik Piutang Lamo” di salah satu hotel di Kota Padang, Minggu 19 Juni 2022.

Menurut Ketua Umum KMTD Dr. Surfa Yondri, acara yang diselenggarakan di Kota Padang itu dalam rangka menggabungkan sebuah potensi yang dimiliki oleh individu-individu yang kemudian dapat dikembangkan melalui sebuah wadah KMTD.

“Potensi-potensi yang ada kita sinergikan, dengan harapan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat terutama untuk masyarakat Tanah Datar,” tutur Surfa Yondri.

Lebih lanjut dikatakan Surfa Yondri bahwa rekan-rekan yang tergabung di dalam KMTD ini banyak yang sudah memiliki berbagai macam potensi.

“Dari potensi yang beragam itulah kita mencoba untuk menghimpun. Dengan harapan semoga kita bisa sama-sama berkontribusi untuk menaikkan marwah Tanah Datar ke arah yang lebih baik dan membawa daerah Tanah Datar di forum-forum besar Provinsi Sumatera Barat” tuturnya.

Senada dengan yang disampaikan Ketua Umum KMTD, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hardi Putra, ST, MT mengatakan acara KMTD ini bertujuan untuk menghimpun potensi pemuda-pemudi Tanah Datar yang berada di rentang usia 30-55 tahun untuk sama-sama bergerak mengarungi potensi-potensi yang telah ada di Sumatera Barat.

“Tujuan dengan diadakannya kegiatan ini selain untuk bersilaturrahmi, juga untuk menghimpun potensi Kaum Muda Tanah Datar yang sebelumnya itu berdiri sendiri-sendiri saja. Namun, setelah kita himpun banyak potensi-potensi yang sebenarnya bisa kita garap bersama-sama,” tutur Hardi Putra.

Kemudian pada kesempatan yang sama Hardi Putra menyampaikan harapan semoga kedepannya dengan adanya potensi ini semoga memberikan impact yang berarti bagi diri sendiri maupun bagi Kabupaten Tanah Datar.

Diketahui, potensi yang dikembangkan itu dapat berupa baik itu baik dari unit usaha, instansi dan universitas yang bisa digarap

“Dahulunya yang sendiri-sendiri sekarang bisa berhimpun. Kita sendiri di KTMD juga mempunyai jargon mambali galeh kawan. Ibaratnya kalau ada di diri kita kenapa kita harus pergi keluar? Nah, kita perbesar usaha masing-masing dari pada anggota,” tambahnya.

Lebih lanjut, KTMD juga akan membuat sebuah program untuk mengangkat budaya Minangkabau baik dari adat istiadat Minangkabau, kato nan ampek, tata tingkah laku dan budaya Minangkabau yang sudah mulai pudar di kalangan anak-anak muda Sumatera Barat.

“InsyaAllah dalam waktu dekat KTMD akan mengadakan sebuah program yang memang mengangkat budaya, adat dan tata krama yang ada di Minangkabau. Contoh dekatnya penggunaan bahasa kato nan ampek di Minangkabau yang meliputi kata mandaki, manurun, mandata dan malereang tetapi dengan kemasan anak muda millenial,” katanya.

Diketahui dalam acara itu juga dilangsungkan pengukuhan struktur keanggotaan Dewan Pimpinan Pusat Kaum Muda Tanah Datar yang terdiri dari struktur inti yang diketuai oleh Dr. Surfa Yondri, S.T.,S.S.T.,M.I.Kom, Ketua Harian Drg. Afando Ekardo, Sekretaris Jenderal Hardi Putra, ST, MT, Wakil Sekretaris 1 Danny Hidayat, S.E., M.M, Wakil Sekretaris 2 Nico Primadona, SE, Bendahara Umum Lynda Djanas, SH, SpN, Wakil Bendahara 1 Mufti Dusky, ST, Wakil Bendahara 2 Betha Adriana, SH.

Dan sub bagian bidang organisasi yang terdiri dari bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan yang diwakili oleh Febri Naldi, SH dan jajaran, Bidang kerjasama dan sponsorship yang diwakili oleh Masyhuri Hamidi, SE, M.Si, Ph.D, dan jajaran, Bidang Pengabdian Masyarakat, Kebencanaan dan Lingkungan yang diwakili oleh Dr. dr. Dovy Djanas,SpOG(K)-KFM dan jajaran, Bidang Advokasi Hukum yang diwakili Desrizal Idrus Hakimi, dan jajaran, Bidang Olah Raga, Seni dan Budaya yang diwakili Dr. Jhon Veri, S.Kom, MM, MKom dan jajaran, Bidang Komunikasi & Informasi yang diwakili Erwin WP dan jajaran, Bidang Sosial dan Keagamaan diwakili : Dr. Muhammad Fauzi, M.Ag dan jajaran, serta Bidang Pengembangan Usaha yang diwakili oleh Irvan Amran, SE dan jajaran. (*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article