Jumat, Maret 29, 2024

Cegah PMK, Polres Sukoharjo Periksa Kendaraan Pengangkut Hewan Ternak

Must read

Sebagai upaya memutus penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK), Polres Sukoharjo bersama Dinas Pertanian dan Perikanan melakukan penyekatan dan pemeriksaan hewan ternak di perbatasan Kabupaten Sukoharjo.

Kali ini, penyekatan dan pemeriksaan dilakukan di wilayah Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (19/7/2022).

Dalam kegiatannya, petugas melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan pengangkut hewan ternak yang masuk maupun keluar wilayah Sukoharjo. Pemeriksaan berupa kelengkapan dokumen pengiriman hewan ternak.

Selain itu, petugas juga melaksanakan pemantauan dan penyemprotan disinfektan kepada hewan ternak yang sedang diangkut tersebut.

Petugas juga memberikan imbauan untuk selalu memantau ada tidaknya kasus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternaknya. Apabila ditemukan kasus tersebut agar segera melapor, hal tersebut untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Dalam kegiatan kali ini, tidak ditemukan PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) pada hewan ternak yang melintas.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan, pemeriksaan mobilitas kendaraan pengangkut hewan ternak tersebut sesuai instruksi pimpinan dalam mengantisipasi penyebaran penyakit PMK.

“Kita lakukan pemeriksaan dokumen serta sosialisasi dan edukasi pencegahan PMK,” jelasnya.

Vio Sari/Humas

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article