Meriah, Camat Nanggalo Lantik Kedua Kalinya Sonny Afffandi jadi Ketua LPM Kampung Lapai

oleh -78 Dilihat
Hujan sedang yang mengguyur Kota Padang sejak sore hingga malam, tak menyurutkan ratusan warga Kecamatan Nanggalo, khususnya Kelurahan Kampung Lapai untuk menghadiri Malam ‘Malam Badunsanak’ dengan agenda Pelantikan Sonny Affandi, ST sebagai Ketua LPM periode kedua dan pisah sambut Lurah Kampung Lapai, Sabtu (17/9/2022) di halaman PAUD Amanah Wisma Indah 2 Lapai.

Selain antusiasme warga, acara yang juga dimeriahkan hiburan musik berhadiah (Kim), juga menampilkan aneka kesenian khas Minang.

Bahkan para tamu dan seluruh masyarakat yang hadir, juga menikmati Sate Padang yang disuguhkan panitia
Acara pelantikan turut dihadiri Walikota Padang diwakili Asisten I, Edy Hasymi, mantan camat Nanggalo yang kini menjabat Kabag Kesra Fuji Astomi, Anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir, sejumlah anggota DPRD Kota Padang dapil Nangalo Osman Ayub, Mastilizal Aye, dan Faisal Nasir, Camat Nanggalo Magdalena serta seluruh Ketua RW dan RT se Kelurahan Kampung Lapai. Termasuk kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo yang diketuai oleh Tonli Muchtar.

Mewakili Wali kota, Edi Hasymi mengapresiasi kolaborasi dan sinergisitas yang dibangun Sonny Affandi sebagai Ketua LPM Kampung Lapai. Kemitraan LPM Kampung Lapai dengan pemerintah khususnya di tingkat kelurahan dan kecamatan, berjalan dengan baik.

“Kita berharap sinergisitas ini terus ditingkat, khususnya dalam memusyawarhkan program-program pembangunan untuk kepentingan masyarakat. Saya yakin, LPM Kampung Lapai dapat menjalaninya dengan baik,” ujar Edy Hasymi.
Dalam sambutannya usai melantik Ketua dan pengurus LPM Kampung Lapai periode 2022-2025, Camat Nanggalo, Magdalena mengatakan, keberadaan LPM memiliki peran strategis dalam upaya pembangunan daerah di tingkat kelurahan.

“Selama ini, kolaborasi LPM Kampung Lapai dengan pemerintah kecamatan berjalan dengan baik, apalagi dengan kelurahan, saya yakin tentunya terdapat sinergisitas yang kuat dalam menata pembangunan Kampuang Lapai. Bahkan beberapa program kecamatan dapat dilaksanakan LPM dan kelurahan dengan baik. Ke depan, kita berharap sinergisitas ini dapat terjaga dengan baik, khususnya dalam mengatasi permasalahan pembangunan di Kelurahan Kampuang Lapai,” ungkap Magdalena.

Mendapatkan ucapan aelamat dan pujian yang bertubi-tubi dari para tamu dan undangan, termasuk apresiasi dari walikota dan camat, Ketua LPM Kampuang Lapai, Sonny Affandi hanya menjawabnya dengan senyum.
Bagi Sonny yang juga Ketua Fortuner Club Sumbar, menjabat sebagai Ketua LPM merupakan tugas sosial yang harus dijalani dengan keihklasan untuk kepentingan masyarakat, walaunte kadang di beberapa kegiatan harus merogoh kantong pribadii agar kegiatan itu dapat berjalan dengan baik. Tapi baginya, semangat kebersamaan yang tumbuh di masyarakat, melebihi segala-galanya.

“Saya sangat berterima kasih pada seluruh masyarakat Kampung Lapai yang selama ini sangat mensupport program LPM. Juga pada seluruh ketua-ketua RT, RW hingga lurah dan staf hingga pihak kecamatan yang selalu mendukung program LPM,” ucap Sonny mengawali sambutannya.
Sonny melihat, meski dari sisi pembenahan fisik di lingkungan kelurahan Kampung Lapai, mungkin bisa dikatakan berjalan cukup baik. Apalagi dengan adanya dukungan dari sejumlah anggota DPRD Kota Padang dapil Nanggalo melalui program pokok-pokok pikirannya (Pokir), sehingga pembangunan sarana prasarana dapat diselesaikan secara bertahap, sehingga motto menjadi kelurahan yang Rancak, Kuat, Sejahtera dan Beriman dapat terlaksana dengan baik.
“Dari sisi pembenahan lingkungan, tugas berat kita bagaimana mengatasi permasalahan banjir. Ini PR kita dari tahun ke tahun dan juga selalu diusulkan dalam musrenbang, moga ini menjadi perhatian pemerintah kota dan wakil kita di DPRD. Tapi tugas LPM tidak hanya dalam pembangunan fisik, yang lebih berat itu bagaimana pemberdayaan mentalitas dan moral masyarakat sehingga kita bisa hidup di lingkungan yang damai dan sejahtera,” ungkap Sonny yang juga CEO/Pemimpin Umum media online mimbarnasional.id.

Sonny menambahkan, LPM Kampuang Lapai juga berperan aktif menyukseskan sejumlah program pemerintah, baik tingkat pusat, provinsi, kota hingga kecamatan dengan juga melibatkan masyarakat Kampung Lapai. Bahkan di beberapa program, justru digawangi langsung oleh pengurus LPM serta ketua-ketua RW dan RT.

“Khusus menghadap pandemi Covid-19, LPM Kampuang Lapai merupakan satu-satunya LPM di Kota Padang yang sudah 3 kali menggelar kegiatan vaksinasi massal, bahkan dimeriahkan dengan pembagian doorprize. Termasuk pembagian masker, penyemprotan disinfektan ke rumah warga, hingga membantu sembako untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19. Ini kita lakukan dengan semangat kebersamaan,” tutur Sonny.

Usai pelantikan dan serah terima Lurah Kampung Lapai dari Yos Deki ke Wahyudi Edwar, acara dilanjutkan dengan hiburan musik berhadiah yang berbeda langsung hingga tengah malam. Cuaca yang dingin karena masih disirami gerimis, terasa hangat dengan lantunan musik dengan hadiah yang berjejer di atas pentas. (ms/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.