Jumat, Maret 29, 2024

Wali Kota Bogor Bima Arya, Puji Kota Sawahlunto Dalam Menjaga dan Mengelola Kota Pusaka

Must read

Ketua Presidium Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yaitu Wali Kota Bogor Bima Arya Sugianto memuji pengelolaan kota tua/heritage di Kota Sawahlunto.

“Kota Sawahlunto ini kota tua istimewa, kaya dengan sejarah dan budaya, sampai diakui UNESCO menjadi kota warisan dunia. Senang sekali kami hari ini bisa datang langsung ke Sawahlunto dan mengunjungi kawasan cagar budaya kota tua di kota ini,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya, di Sawahlunto, Sabtu 17 September 2022.

Menurut Wali Kota Bima Arya, bukan pekerjaan yang gampang untuk menjaga dan mengelola kota tua atau kota pusaka, namun Kota Sawahlunto telah berhasil melakukan hal tersebut.

“Bukan pekerjaan mudah, ditambah dengan masa yang dilalui cukup panjang yang artinya harus ada kesabaran. Pemerintah Kota dan masyarakat Sawahlunto telah membuktikan bisa bahu membahu menjalani itu, kita harus mengapresiasinya,” kata Wali Kota Bima Arya.

Karena itu, Wali Kota Bima Arya mengatakan sangat bagus bagi kabupaten/kota lainnya anggota JKPI untuk mengambil referensi dari Sawahlunto bagaimana menjaga dan mengelola kota pusaka.

“Jadi kita perlu belajar dari Kota Sawahlunto ini. Belajar dan berkolaborasi, karena tentunya Sawahlunto juga tidak sempurna di semua bidang maka nanti di sana kita bisa saling mendukung,” kata Wali Kota Bima Arya.

Wali Kota Bima Arya kemudian menyampaikan ketika dulu dirinya bersama Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan pengurus JKPI lainnya diterima Presiden Jokowi di Istana, nama Kota Sawahlunto disebut-sebut sampai lebih tiga kali oleh Presiden.

“Jadi rupanya Presiden Jokowi sangat terkesan dengan Sawahlunto ini. Kata Presiden waktu itu kalau untuk menjaga kota pusaka coba lihat di Sawahlunto,” ujar Wali Kota Bima Arya.

Menanggapi pujian dari Wali Kota Bogor Bima Arya itu, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terima kasih dan meminta Wali Kota Bima Arya tidak segan mengkritik jika melihat ada yang tidak baik dari Kota Sawahlunto.

“Pujian pak Bima Arya menggembirakan bagi kami. Namun kami juga membuka diri untuk dikritik/diberikan saran terhadap pengelolaan kota pusaka ini, jadi nanti silahkan pak Bima Arya juga menyampaikan saran-sarannya bagi Sawahlunto,” kata Wali Kota Deri Asta.

Ketua Presidium JKPI yang merupakan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto datang ke Sawahlunto mengikuti seminar nasional JKPI dengan tema ”Langkah Strategis Menghadapi Persaingan Global di Era Pasca Pandemi COVID-19 Bagi Kota Pusaka’. (An-hms)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article