Kamis, April 25, 2024

Bupati Rusma Yul Anwar Bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy Lakukan Panen Raya

Must read

Pessel, Dutametro.com-Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, bersama Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar melakukan Panen Raya Santri Bertani di Pondok Pesantren Iqra, Nagari Barung Barung Belantai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kamis (20/1/2022).

Dihadapan para santri, Audy mengatakan pertanian merupakan harapan hidup terbesar masyarakat Sumatera Barat, mengingat sektor ini merupakan penggerak ekonomi utama Sumatera Barat. Tak hanya itu, sektor pertanian juga merupakan sumber pendapatan yang mampu bertahan dengan baik di era pandemi Covid-19.

“Sebesar 53 persen masyarakat kita bergerak di sektor pertanian secara umum, artinya termasuk perkebunan, peternakan, dan juga perikanan. Ini yang menggerakkan 24 persen ekonomi Sumatera Barat,” jelas Audy.

Menurutnya, sadar dengan potensi penggerak ekonomi ini, pemerintah daerah selalu berupaya mendorong perkembangan sektor pertanian. Salah satunya dengan mengalokasikan 10% APBD khusus pada sektor pertanian.

Wagub juga mengatakan, bantuan-bantuan dari APBD ini juga dapat diakses oleh pondok-pondok pesantren melalui kelompok santri bertani maupun lewat kerjasama dengan Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Ia juga mengapresiasi Pondok Pesantren Iqra yang mampu berdaya secara mandiri, sekaligus membangun ekonomi pesantren dari pertanian dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki.

“Pemerintah sangat mengapresiasi dan selalu berupaya membantu, mendorong pesantren untuk mampu berdaya secara mandiri lewat bantuan bibit, ternak, jagung dan lebah madu. Tentunya ada mekanisme yang harus dilewati,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, menyampaikan melalui program santri bertani, Pondok Pesantren Iqra bekerjasama dengan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Gerakan Pemuda Batang Tarusan, berhasil menggarap sawah seluas 2 hektare hingga siap panen.

“Disini ada 213 santri yang ikut terlibat menggarap 2 hektare lahan. Saya harap keberhasilan ini juga dapat menular ke pesantren-pesantren lainnya,” harapnya.

Ia menjelaskan, jika semakin banyak pesantren yang ikut serta, program ini tentunya juga dapat berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan produksi pertanian dan pengentasan kemiskinan di Pesisir Selatan.

“Soal dukungan tidak perlu dipikirkan, pemerintah sudah pasti mendukung. Pesantren buatkan saja proposalnya, nanti pemerintah akan membantu sesuai dengan ketersediaan dana yang dimiliki,” ucap bupati memotivasi para santri. Hms/ns

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article