Kamis, Maret 28, 2024

Emergency Dan Kondisi Tertentu , Disdukcapil Sawahlunto Siap Door To Door Berikan Pelayanan

Must read

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sawahlunto tingkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat kota Sawahlunto melalui program inovasi Call Me.

Program inovasi Call Me ini konsepnya adalah para petugas akan datang dan melaksanakan pelayanan langsung di lokasi masyarakat bersangkutan yang menghubungi atau membutuhkan pelayanan, terutama dalam perekaman KTP Elektronik dan layanan serupa.

Kepala Disdukcapil Kota Sawahlunto Andy Rastika, dihubungi Minggu 20 Maret 2022 mengatakan , ada empat kategori masyarakat yang menjadi sasaran dalam program Call Me ini. Pertama, masyarakat yang sedang dalam kondisi gawat darurat sehingga dirawat di rumah atau di Rumah Sakit, kemudian masyarakat yang disabilitas (penyandang cacat) sehingga mengalami kesulitan datang ke Kantor Disdukcapil atau layanan keliling, kemudian masyarakat lanjut usia (lansia) dan terakhir itu masyarakat Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ),” kata Andy.

Andy menyebut masyarakat yang masuk dalam kategori tersebut cukup menghubungi Diskdukcapil melalui telepon atau WhatsApp, nanti setelah diverifikasi oleh petugas akan didatangi ke lokasi yang bersangkutan.

“Perlu kami informasikan juga kepada masyarakat yang menggunakan layanan Call Me ini kepada keluarga yang bersangkutan agar menyiapkan Kartu Keluarga (KK) sehingga petugas nanti lebih cepat dan efisien dalam pelayanan,” ujar Andy berpesan.

“Sedangkan untuk masyarakat yang tidak termasuk dalam empat kategori sasaran Call Me tadi agar dapat meningkatkan ketertiban dalam melengkapi dokumen kependudukannya. Tentu lebih baik sebelum kita sakit atau membutuhkan itu diurus KTP dan lain-lain dokumen terlebih dahulu secara mandiri ,” kata Andy.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada jajaran Disdukcapil Sawahlunto atas layanan Call Me yang telah dilaksanakan tersebut.

“Ini bukti nyata komitmen Disdukcapil dalam pelayanan yang tangguh dan maksimal kepada masyarakat. Terima kasih Disdukcapil yang telah menerjemahkan dengan baik salah satu misi Pemkot Sawahlunto yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik,” kata Wali Kota.

Wali Kota Deri Asta menyebut berbagai inovasi pelayanan yang digerakkan itu membuktikan Disdukcapil Sawahlunto memang layak memperoleh prestasi sebagai Juara II Disdukcapil Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diterima pada Tahun 2021 lalu.

*Marjafri

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article