Jumat, April 19, 2024

Bupati Pesisir Selatan Hadiri Upacara Pembukaan Latsitardanus XLIII 2023

Must read

Pesisir Selatan, dutametro.com- Bupati Pesisir Selatan Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar hadiri upacara pembukaan Latsitardanus XLIII 2023 di Halaman Istana Gubernuran Sumbar, Jumat (19/5).

Upacara Pembukaan Latsitardanus dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol Litsyo Sigit Prabowo.

Panglima TNI RI Laksamana Yudo Margono berpesan kepada seluruh peserta Latsitardanus untuk menghindari sikap arogan.

“Saya harap praja dan taruna-taruni yang mengikuti kegiatan ini tetap bersikap sopan, hindari sikap arogan, patuhi aturan yang berlaku terutama kearifan lokal disini. Pahami, hayati dan budayakan semangat integrasi,” tuturnya

Ia melanjutkan, Latsitarda Nusantara merupakan realisasi kegiatan integratif Taruna akademi TNI dan akademi kepolisian yang diselenggarakan setiap akhir pendidikan.

Kegiatan ini juga mengikutsertakan praja IPDN dan beberapa peserta dari instansi pendidikan berbasis pemerintahan serta mahasiswa dari universitas setempat.

“Latsitarda yang diadakan setiap tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum membangun sinergitas antara TNI-Polri dan masyarakat, melalui kerja nyata di lapangan Latsitarda menjadi sarana memupuk dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ucap Panglima TNI.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Latsitarda Nusantara bertujuan untuk menumbuhkan kembangan jiwa perjuangan, cinta tanah air dan semangat gotong royong bagi para Taruna dan Mahasiswa.

Dalam kegiatan ini para peserta akan melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dengan sasaran fisik dan non fisik, seperti perbaikan fasilitas umum, bakti sosial, perbaikan rumah tidak layak huni dan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Sementara itu, Bupati Rusma Yul Anwar menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, karena Kabupaten Pesisir Selatan dipercaya menjadi salah satu dari lima daerah di Sumatera Barat untuk menjadi tuan rumah Latsitarda Nusantara yang akan dilaksanakan dari 19 Mei s.d 7 Juni 2023 ini.

“Kami Pemerintah Pesisir Selatan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan Latsitarda Nusantara ini,” ucapnya

Ia melanjutkan, cukup banyak kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, pengaspalan jalan, pengecatan jembatan, penyuluhan bagi generasi muda dan lainnya. Semoga ini memberikan manfaat bagi Pesisir Selatan,” lanjutnya

Diketahui, Latsitardanus XLIII 2023 diikuti 1300 Taruna Putra dan Putri Akademi TNI, yang berasal dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan juga Akademi Kepolisian, Politeknik Siber dan Sandi Negara, serta Praja IPDN.

Para taruna tingkat akhir ini terbagi dalam tiga gelombang yakni Gel-1 Mentarlat dan Kompi BS, Gel-2 Yontarlat 1/Macan Yontarlat 2/Hiu, dan Gel-3 Yontarlat 3/Elang dan Yontarlat 4/Kijang.

Wilayah pelatihan mereka pun terbagi ke dalam lima Kabupaten/Kota di Sumbar yakni Yontarlat 1/Macan di Kab. Pesisir Selatan, Yontarlat 3/Elang Serpas di Kab. Pasaman, Yontarlat 2/Hiu di Kota Pariaman, Yontarlat 4/Kijang di Kota Solok, Kompi BS di Kota Padang.

Turut mendampingi Bupati, Ketua DPRD Pesisir Selatan Ermizen dan Sekda Pesisir Selatan Mawardi Roska.

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article