Jumat, Maret 29, 2024

Pangdam I/BB dan Danrem 033/WP sambut Panglima TNI

Must read

Panglima Kodam (Pangdam) I/ Bukit Barisan Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardien, S.E. M.Si., bersama Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, M.A. M.Si., menyambut kedatangan Panglima TNI Jendral TNI Andika Perkasa dalam rangka Kunker latihan serbuan pendaratan Amfibi bersandi “Ausindo Amphibious Assault Exercise”. Latihan yang digelar dari tanggal 19 – 20 November 2022 di wilayah perairan Dabo Singkep, Kepulauan Riau. Minggu(20/11/2022).

Latihan Serbuan Amfibi yang digelar antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Australia itu merupakan bagian dari gelaran Indo-Pacific Endeavour (IPE), yang merupakan program latihan secara rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh Royal Australian Navy bersama Angkatan Laut negara mitra di kawasan Indo-Pasifik sejak tahun 2017, salah satunya TNI Angkatan Laut yang pada latihan tahun ini di ikuti langsung oleh KASAL.

Berdasarkan informasi dalam latihan tersebut, TNI Angkatan Laut mengerahkan KRI Banjarmasin-592 yang didukung oleh 500 prajurit, yang terdiri dari pasukan pendarat Korps Marinir TNI AL, Kopaska, serta Taifib, Helikopter TNI AL, Tim Kesehatan, serta dukungan pesawat udara F-16 milik TNI Angkatan Udara.

Sedangkan Angkatan Laut Australia akan mengerahkan Kapal Perang HMAS Adelaide, Helikopter, LCC, Zodiac, Truk Logistik, serta ambulance, dengan pelibatan personel yang nyaris berimbang.

TNI AL dan Royal Australian Navy (RAN) sejak 2017 melaksanakan beberapa kegiatan dalam Indo – Pacific Endeavour (IPE) guna menjaga keamanan dan stabilitas kawasan. Dalam upaya menjalin hubungan kerjasama bilateral kedua negara, TNI AL dan Australian Defence Force (ADF) menggelar latihan gabungan bersama dengan sandi Ausindo Amphibious Assault Joint Exercise (AAJEX) 2022 yang melibatkan TNI AU, RAN dan Royal Australian Army (RAA)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article