Kamis, Maret 28, 2024

Wabup Irwan Fikri Buka Festival Seni Tradisi ke-II Nagari Koto Gadang

Must read

Agam, Dutametro.com –Wabup Irwan Fikri Buka Festival Seni Tradisi ke-II Nagari Koto Gadang, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt Parpatiah membuka secara resmi Festival Seni Tradisi (Festa) ke-II Nagari Koto Gadang VI Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu (21/1).

Dalam sambutannya, Wabup Agam menyebut kegiatan kesenian yang diusung anak Nagari Koto Gadang ini sangat selaras dengan visi mewujudkan Agam yang Madani.

Agam yang Madani terang wabup, merupakan kondisi dimana berjalannya nilai-nilai Islam dan terimplementasinya nilai-nilai ABS-SBK di tengah masyarakat.

“Hari ini Koto Gadang melakukannya, nilai Madani sudah berjalan di nagari ini,” ujar wabup.

Menurut wabup, kegiatan-kegiatan kesenian tradisi perlu terus digalakkan. Pasalnya, kegiatan semacam ini mampu menangkal pengaruh buruk modernisasi dan globalisasi.

“Laju globalisasi memang tidak bisa kita bendung, namun dapat kita tangkal dengan memperkuat nilai-nilai keagamaan dan adat-istiadat,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Wabup Agam mengapresiasi usaha masyarakat Nagari Koto Gadang VI Koto yang terus menyemarakan nilai-nilai Agam Madani.

“Apresiasi ini tulus saya sampaikan, menyelenggarakan kegiatan yang semarak seperti ini sangatlah tidak mudah,” ucap irwan fikri.

Wabup irwan fikri berharap, masyarakat di Nagari Koto Gadang VI Koto untuk terus istiqomah mempertahankan kondisi Madani yang sudah berjalan dengan baik.

“Tetap jaga kekompakan, pertahankan kondisi ini. Saya yakin kondisi ini bisa tercipta berkat bimbingan ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai serta bundo kanduang di nagari ini,” ujarnya. Df

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article