Gubernur Sumbar Pimpin Upacara HUT Satpol PP, Damkar dan Satlinmas

oleh -49 Dilihat

Padang, Dutametro – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, memimpin Upacara Peringatan hari ulang tahun Satpol PP ke-72, Pemadam Kebakaran ke-103 dan Perlindungan Masyarakat ke-60 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Lapangan Kantor Gubernur Sumbar, Jl. Sudirman, Padang, Senin (21/3/2022).

Dalam amanatnya, gubernur mengajak segenap aparatur penegak peraturan daerah, Damkar dan Linmas untuk menjadikan peringatan hari jadi sebagai sarana meningkatkan semangat juang dan kebulatan tekad dengan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Gubernur juga menambahkan agar jangan surut semangat dalam bertugas menegakkan Perda dan Perkada di Sumbar. Selaku aparat pelindung masyarakat untuk selalu siaga dan berusaha menjaga kondisi ketentraman dan ketertiban umum melalui sinergi serta bekerjasama dengan TNI dan Polri.

“Jangan sampai adanya kita sebagai pemerintah sama saja dengan tidak ada. Keberadaan kita harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tegas gubernur.

“Melalui peringatan HUT ini, tingkatkan persatuan dan kesatuan, junjung tinggi Pancasila, pegang teguh falsafah ABS-SBK, utamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan demi mewujudkan Sumbar Madani,” tambah gubernur.

Lebih jauh, Gubernur Mahyeldi mengintruksikan petugas dalam menjalankan tugas untuk memperkuat koordinasi integrasi dan sinkronisasi dengan OPD terkait, saling bantu dan saling menghormati.

Selain itu juga, agar melaksanakan tugas dengan tegas namun tetap humanis, memperhatikan aspek HAM serta berperan aktif dalam vaksinasi dan menjadi contoh terbaik dalam penerapan prokes.

Secara khusus kepada Satpol PP yang notabene sebagai penegak Perda dan Perkada, gubernur meminta agar memahami betul Perda dan Perkada yang akan ditegakkan.

Kepada Damkar juga diminta memperkuat penguasaan tentang hal-hal berbahaya yang bisa berakibat kebakaran, termasuk kebakaran hutan. Damkar juga diminta mempertahankan respon cepat 15 menit dan juga mengedukasi masyarakat sebagai upaya pencegahan.

“Makin paham dengan tugas masing-masing, maka semakin baik dalam menjalankan peran sehingga mendorong terwujudnya Sumbar yang lebih baik. Siapkan juga perangkat dan dukungan sehingga masyarakat merasa nyaman. Saya akan uji nanti pemahaman para petugas sesuai dengan tugasnya masing-masing,” lanjut Buya Mahyeldi.

“Selamat hari jadi, teruslah bekerja dengan ikhlas, cerdas, keras dan tuntas dengan penuh tanggung jawab guna mendukung terwujudnya Sumbar Madani,” sambungnya.

Usai upacara, Gubernur Mahyeldi menyerahkan penghargaan kepada Satpol PP dan Damkar kabupaten dan kota yang terbaik dalam menjaga Trantibum serta Pemadaman dan penyelamatan.

Penghargaan Satpol PP kabupaten dan kota terbaik dalam penyelenggaraan trantibum diberikan kepada Satpol PP dan Damkar Kota Sawahlunto sebagai terbaik I, diikuti Satpol PP dan Damkar Kota Padang Panjang sebagai Terbaik II dan Satpol PP Kota Padang terbaik III.

Penghargaan untuk pemadaman dan penyelamatan terbaik I diraih Damkar Kota Bukittinggi, diikuti Damkar Kota Padang dan terakhir Damkar Kabupaten Limapuluh Kota.

Turut hadir dalam upacara ini Wakil Walikota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra, dan Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah.(doa/MMC)

#Dinas Kominfotik Sumbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.