Jumat, Maret 29, 2024

Anti Spasi Banjir TNI-Polri Bersama Warga Sikakap Adakan Goro Bersama Bersihkan Jalan dan Drainase

Must read

Sikakap,dutametro.com.–Anti Spasi Banjir TNI-Polri Bersama Warga Sikakap Adakan Goro Bersama Bersihkan Jalan dan Drainase.Dangkalnya Drainase, Gorong-gorong, dan masih adanya warga Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai membuang sampah kedalam drainase menjadi penyebab terjadinya banjir di beberapa ruas jalan raya Sikakap bila hujan.

Ruas jalan raya sikakap yang sering digenangi banjir waktu hujan diantaranya jalan raya Sikakap yang berada di Dusun Sikakap Barat, Dusun Sikakap Tengah, dan Dusun Sikakap Timur, melihat hal tersebut TNI-POLRI, bersama warga Desa Sikakap melakukan gotong royong bersama untuk memperdalam drainase, gorong-gorong dan badan jalan yang ditutupi rumput liar, Selasa (21/3/2023).

Dalam gotong royong tersebut tampak hadir Sekretaris Camat Sikakap Hoskilius, Danramil 04 Sikakap Kapten CZI Masri, Waka Polsek Sikakap Iptu P Sihaloho, Bhabinkamtibmas Polsek Sikakap, Anggota Koramil 04 Sikakap, Aparatur Desa Sikakap.

Sekretaris Camat Sikakap Hoskilius,menyebutkan, bila hujan turun deras sedikit saja beberapa ruas jalan raya di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap tergenang air, air tersebut berasal dari luapan air drainase dan gorong-gorong yang dangkal dan tersebut.

Melihat hal tersebut hari ini kita melakukan gotong royong bersama untuk memperdalam dan membersihkan badan jalan yang di tumbuhi rumput-rumput, dan tanah liat yang dibawa air waktu banjir.

Sebenarnya dana desa bisa digunakan untuk membuat drainase itu tergantung usulan dari masyarakat, kalau drainase dan gorong-gorong menjadi usulan prioritas dalam Musyawarah Desa, kegiatan tersebut bisa di danai dengan mengunakan dana ADD Desa, kegiatan pisik itu semua tergantung usulan masyarakat, katanya, Selasa (21/3/2023).

Waka Polsek Sikakap Iptu P.Sihaloho, menambahkan, kami dari TNI-POLRI akan selalu siap untuk membantu masyarakat dalam segala bidang demi untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kalau jalan raya Sikakap tidak dibersihkan dari rumput dan tumpukan tanah liat serta batu-batu kerikil bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan pengendara sepeda motor.

Lihatlah setelah jalan raya Sikakap dibersihkan tampak bersih dan luas, ini bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan sepeda motor, jalan raya Sikakap merupakan jalan satu-satunya yang di gunakan bagi pengendara sepeda motor dan mobil, kita mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan, dan jangan membuang sampah ke dalam drainase bukankah sudah ada petugas pembersih sampah yang jalan setiap pagi, ucapnya.

Agus Lamar, Staf Kecamatan Sikakap, menambahkan, kalau bisa pemerintah desa Sikakap membuat jadwal gotong royong setiap bulan di setiap Dusun, dan sekali 3 bulan adakan gotong royong bersama, lingkungan bersih, kita akan terhindar dari penyakit menular seperti malaria dan diare, kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, tuturnya.SL

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article