Jumat, April 19, 2024

Idulfitri Sabtu, Salat Id di Masjid Islamic Center

Must read

Padang Panjang ,dutametro.com.-Idulfitri Sabtu, Salat Id di Masjid Islamic Center. Menyusul ditetapkannya Idulfitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April oleh Kementerian Agama (Kemenag) dalam Sidang Isbat, Kamis (20/4), maka pelaksanaan Salat Id di Kota Padang Panjang ditetapkan hari itu di Islamic Center.

Hal itu diutarakan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si kepada Kominfo. Dikatakan, seiring dengan penetapan sidang Isbat tu, Pemko sudah memutuskan Salat Id diselenggarakan di Masjid Islamic Center tersebut.

Sebelumnya dalam rapat koordinasi Pemko yang digelar pekan lalu, Kamis (13/4) diambil putusan dua opsi sembari menunggu hasil sidang Isbat. Jika Idulfitri jatuh pada Jumat (21/4), pelaksanaan Salat Id dipusatkan di lapangan Banca Laweh. Namun bila Sabtu, maka dilaksanakan di Islamic Center.

Dua putusan itupun sudah dituangkan dalam Surat Edaran Wali Kota No 08 Tahun 2023 tertanggal 17 April 2023.

Untuk pelaksanaan Salat Id, sebagai imam ditunjuk kepada Ustaz H. Muhammad Mahfuz Mustia, Lc, pimpinan Ponpes Thawalib Gunung, Padang Panjang. Sedangkan khatib dipercayakan kepada Ustaz H. Ade Sehabudin, S.H, M.MPd, Ketua Dewan Masjid Indonesia Padang Panjang.

Disebutkan juga, apabila cuaca tidak memungkinkan, selain di Islamic Center, Salat Id juga digelar di Masjid Tauhid Pasar Baru dan Masjid Al Ikhlas Tanah Hitam.

“Kami imbau kepada muslimin dan muslimat untuk beramai-ramai Salat Id di lokasi yang telah ditetapkan,” kata Sonny.

Atas nama Pemerintah Kota, Sonny juga meminta agar masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta memelihara ukhuwah Islamiyah. Semoga ibadah Ramadan yang telah dijalankan selama sebulan penuh diterima Allah SWT.

“Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin,” tutupnya. (max)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article