Jumat, Maret 29, 2024

Sukseskan BIAN, Puskesmas Kebun Sikolos Lakukan Imunisasi di Dua SD

Must read

Sebanyak 74 anak diberikan imunisasi dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dilaksanakan petugas kesehatan dari Puskesmas Kebun Sikolos, Sabtu (21/5) di SDN 14 dan SDN 15 Padang Panjang Barat.

Kepala UPTD Puskesmas Kebun Sikolos, Rita Sukrina, STr. Keb melalui Koordinator Program Imunisasi, Yosy Anita Syarif, STr.Keb menyampaikan, imunisasi yang diberikan pada BIAN ini adalah vaksin Campak dan Rubella.

“imunisasi sebagai salah satu upaya preventif untuk mencegah penyakit melalui pemberian kekebalan tubuh. Dengan terselenggaranya kegiatan BIAN ini, diharapkan kekebalan masyarakat terbentuk,” ungkapnya

Dijelaskannya, melalui program BIAN ini, dapat memberikan perlindungan kepada anak-anak usia sekolah dasar. Sehingga pada akhirnya bisa mencapai eliminasi campak dan rubella.

“Hari ini lumayan banyak yang imunisasi. Ini tidak terlepas dari peran serta dampingan guru kelas yang mendukung program ini. Kita berharap juga orang tua perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas puskesmas setempat,” tuturnya.

Selain itu, tambahnya lagi, dalam rangka BIAN juga ada Imunisasi Kejar yaitu imunisasi balita yang belum lengkap imunisasi DPT-HB-HIB dan Polio-nya diwaktu bayi, dapat dikejar hingga anak berumur 59 bulan.

“Vaksin DPT-HB-HIB diberikan guna mencegah enam penyakit, yakni Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, serta Pneumonia (radang paru) dan Meningitis (radang selaput otak). Silahkan datang ke puskesmas atau ke posyandu,” ajaknya. (andes)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article