Jumat, Maret 29, 2024

Teknik Pertambangan UNP Tuan Rumah Forum Komunikasi Program Studi Tambang Se-Indonesia 2022

Must read

Padang, Dutametro — Demi menghadapi perkembangan zaman dalam dunia pertambangan seluruh program studi teknik pertambangan dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia membentuk Forum Komunikasi Program Studi Se-Indonesia (FORKOPINDO), dengan harapan dapat menjadi langkah strategis untuk meningkatkan metode pembelajaran serta mampu berdaya guna meningkatkan pengetahuan bagi mahasiswa program studi teknik pertambangan yang ada di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tgl 18–21 Mei 2022, yang di awali dengan pembukaan yang dilakukan di Hotel UNP dan dibuka langsung oleh Pak Wakil Rektor I UNP, Dr. Refnaldi, M.Litt., Selanjutnya peserta akan melanjutkan perjalanan ke Kota Sawah Lunto, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, dan Kota Bukittinggi.

Kegiatan FORKOPINDO kali ini mengangkat Tema : Meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan bidang pertambangan melalui kegiatan ekskursi lapangan. Tujuan dari kegiatan ini antara lain meningkatkan mutu dan kualitas staff pengajar program studi teknik pertambangan, mengenalkan industri pertambangan dan Geopark yang ada di Sumatera Barat yang berhubungan langsung dengan pengaplikasian ilmu pengetahuan di dunia pertambangan dan Menjalin keakraban dan menyambung tali silaturahmi antar staff pengajar program studi teknik pertambangan se-Indonesia.

Dr. Fadhilah S.Pd, MS.i selaku pimpinan Departemen Teknik Pertambangan UNP dalam sambutan beliau menyatakan “Studi ekskursi ini diperlukan utk mempererat silaturahmi antara anggota forkopindo, memperlihatkan bagaimana proses tambang dalam Batubara dan mempromosikan geopark harau dan geopark sianok, sehingga koprodi yang berasal dari Papua, Sulawesi, Kalimantan, Lombok, Yogyakarta, Bandung, Palembang, dan Jambi mendapatkan pembelajaran langsung yang bisa diteruskan ke mahasiswa di perguruan tinggi masing-masing.”

Dr. Mulya Gusman MT Sebagai Ketua pelaksana Yang juga Merupakan Kep. Pusat Sertifikasi Kompetensi dan Profesi,LP3M UNP mengatakan kegiatan ini sangat penting dan cukup bangga karena kali ini Departemen Teknik Pertambangan UNP yang menjadi Tuan Rumah. kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan Pertambangan yang ada di Sumatera Barat.

Kegiatan FORKOPINDO kali ini banyak perusahaan yang memberikan kontribusi sebagai Sponshorsip antara lain PT.BA Tanjung Enim, PT.BA UPO, PT. Pancaran Surya Abadi, PT, Nusantara Halmahera Minerlas, PT Cahaya Wisesa, PT. Alamjaya Bara Pratama, PT. Timah, PT. Anggun Permai Tekindo, Bank Nagari, PT NAL dan CV. BMK. (Mulya/Humas UNP)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article