Kolaborasi BUMN Aktifkan Kembali Kereta Api Mak Itam E 10 60 Dan Jalur Sawahlunto -Muaro Kalaban

oleh -106 Dilihat
Kini BUMN hadir untuk mengoperasikan kembali jalur Sawahlunto (Dok Muchtar WS)
Dalam merevitalisasi kereta api Mak Itam dan jalur kereta api Sawahlunto – Muaro Kalaban peran serta BUMN diharapkan dapat memajukan ekonomi di Sumatera Barat, salah satunya dengan mendorong kemajuan di sektor pariwisata.

Jalur kereta api Sawahlunto – Muaro Kalaban sepanjang 4,7 km merupakan Warisan Budaya Provinsi Sumatera Barat dan termasuk dalam Kawasan Ombilin Coal Mining Heritage Of Sawahlunto (OCMH) yang diakui oleh UNESCO sebagai kota Warisan Dunia pada tanggal 6 Juli 2019.

Kini BUMN hadir untuk mengoperasikan kembali jalur Sawahlunto – Muaro Kalaban.
PT KAI, PT Semen Indonesia group, PT Pupuk Indonesia dan Bio Farma berkolaborasi untuk bekerjasama menjual keinginan masyarakat Sawahlunto.

Andre Rosiade Anggota DPR Republik Indonesia dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada bapak Menteri BUMN atas perhatiannya kepada kami Provinsi Sumatera Barat terkhusus kota Sawahlunto, tanpa dukungan penuh dan Instruksi pak Menteri hal ini tentu tidak akan terwujud.
Pak Walikota tidak usah khawatir kita akan segera lanjutkan kereta api Mak Itam operasionalnya sampai ke Silungkang, pak Menteri sudah instruksikan dana Rp 15 milyar sudah beres, PT Bukit Asam TBK, PT Taspen dan BUMN lainnya siap menyumbang, ungkap Andre Rosiade.

Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH mengatakan, atas nama pemerintah Sawahlunto kami menyampaikan Apresiasi yang luar biasa, diluar dugaan kami pak Menteri hadir disini meresmikan kereta api Mak Itam.

Sawahlunto merupakan bukti dari Revolusi Industri di Eropa karena revolusi industri butuh bahan bakarnya dari Sawahlunto.
Sawahlunto punya sejarah dan penduduknya heterogen, berbagai macam suku, ras, budaya dan agama ada di Sawahlunto, pungkas Deri Asta.

Menteri BUMN Eric Tohir dalam sambutannya menyampaikan, kita jangan selalu terbelenggu dengan pemikiran kita hanya sumberdaya alam saja karena sumberdaya alam itu akan habis.

Ada dua kekuatan yang terus-menerus jadi kekuatan Indonesia yang pertumbuhan ekonominya lebih dari 5 persen yaitu Digital Ekonomi dan Industri Kreatif.
Industri kreatif yang turunannya Pariwisata itu adalah yang tercepat dalam membangkitkan ekonomi dan sayangnya kita suka terjebak kepada para pengantar yang sehingga kadang kadang bicara wisata lokal kita selalu di anak tirikan jadi nomor dua, tutur Eric Tohir.

Hadir dalam acara peresmian tersebut Forkopimda provinsi Sumbar, Kapolda Sumbar, Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH dan Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, SE Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu,SE beserta Forkopimda Kota Sawahlunto, Bupati Agam, Wakil Bupati Kabupaten Solok, Anggota Dewan komisaris PT KAI Persero, Direktur Utama PT KAI Persero beserta jajaran direksi, Dirut Semen Indonesia beserta jajaran direksi, Dirut PT Pupuk Indonesia yang diwakili oleh direktur SDM, Dirut Bio Farma beserta jajaran direksi, Dirut PT Bukit AsamTBK, Dirut Bank BNI dan Bank Mandiri.

Acara dilanjutkan ke peresmian kereta api Mak Itam dengan pemecahan kendi.

(Muchtar,WS/An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.