Jumat, Maret 29, 2024

Dijamu IKATR, Buya Mahyeldi: Sumbar Sangat Serius Kembangkan Pesantren

Must read

Pekanbaru, Dutametro – Ikatan Keluarga Alumni Thawalib Riau (IKATR) menjamu kehadiran Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi di Pekanbaru, Sabtu (22/1/22). Kehadiran Buya Mahyeldi pada sidang pleno dan temu ramah alumniĀ  ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja gubernur menindaklajuti MoU antara Pemprov Sumbar dengan Pemprov Riau, sekaligus yang memenuhi undangan perantau-perantau Minangkabau di Bumi Lancang Kuning.

Pada kesempatan menjumpai alumni Pondok Pesantren Thawalib tersebut, Buya Mahyeldi memberikan apresiasi atas kuatnya ikatan persaudaraan seperantauan para alumni. Ponpes Thawalib pun telah lama dikenal karena melahirkan tokoh-tokoh nasional.

“Thawalib berdiri sejak 1911, tentunya sudah menghasilkan banyak alumni yang luar biasa, tokoh-tokoh nya pun banyak berjasa bagi negara, seperti M. Natsir dan Buya Hamka,” Puji Buya Mahyeldi.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Sumbar sangat serius dengan pengembangan pondok pesantren. Diantara upaya yang dilakukan pemerintah yaitu melalui kerja sama dengan provinsi maupun universitas di berbagai negara yang ada di timur tengah.

Bahkan dalam waktu dekat ini, Pemprov. Sumbar akan melakukan kerja sama sister province dengan Provinsi Bursa Turki, serta mengundang Duta Besar Arab Saudi untuk hadir ke Sumatera Barat, yang juga telah menyatakan siap memfasilitasi pertemuan Sumbar dengan 18 negara lainnya di Timur tengah.

“Prioritas kita adalah bagaimana ke depan alumni-alumni pesantren di Sumbar dapat diterima di berbagai universitas di Timur Tengah,” ujarnya.

Di saat yang sama, Pemerintah Sumatera Barat juga tengah concern dengan bagaimana mimplementasikan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, dengan menjadikan Mesjid Raya Sumbar sebagai pusatnya. Untuk itu, Buya Mahyeldi menyampaikan, perlu adanya peran dari alumni maupun santri Thawalib, serta pesantren lainnya untuk mendukung capaian-capaian tersebut.

Dengan usia yang panjang, serta adanya alumni yang tesebar di banyak tempat, Buya Mahyeldi berharap Thawalib terus menghiasi Indonesia dan Sumbar dengan ketokohannya.

“Harapan kita tentu Thawalib terus memberikan kontribusi positif dan melahirkan tokoh-tokoh hebat. mudah-mudahan juga alumni Thawalib semakin kuat, kompak dan solid,” tutup Buya mengakhiri.(MC Prov Sumbar)

#Dinas Kominfotik Sumbar

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article